Laporan Kinerja Instansi Tanah Datar Naik

id Laporan Kinerja Instansi,Tanah Datar

Laporan Kinerja Instansi Tanah Datar Naik

Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zulfadri Darma, menerima piagam penghargaan dari Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur. Penghargaan tersebut diperoleh atas prestasi Tanah Datar yang memperoleh prediket 'B' dalam Laporan Kinerja Istansi Pemerintah. (Antara Sumbar/ist.)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Laporan Kinerja Istansi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat tahun 2017 memperoleh prediket B berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Piagam penghargaan atas prestasi tersebut diserahkan langsung oleh Menpan-RB, Asman Abnur kepada Wakil Bupati Tanah Datar, Zulfadri Darma pada Kamis (25/1) di Batam Kepulauan Riau.

"Semua ini merupakan hasil adri komitmen pimpinan bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang memiliki program atau kegiatan untuk memenuhi prinsip Money Follow Program sesuai arahan Presiden RI dan Menpan-RB," kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zulfadri Darma, di Batusangkar, Senin.

Ia menyebutkan Tanah Datar mempunyai komitmen agar pengelolaan keuangan daerah sejalan dengan manajemen kinerja untuk mencapai hasil yang baik.

Menurut dia, pada bidang pengelolaan keuangan daerah, Tanah Datar sudah memperoleh prediket Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak enam kali.

"Lima dari enam penghargaan tersebut diraih secara berturut-turut, hal tersebut dapat tercapat berkat kinerja instansi pemerintah yang baik," uarnya.

Selanjutnya, pihaknya akan terus berbenah untuk memperoleh hasil yang lebih baik untuk ke depannya, sebab perolehan kali ini sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya yang hanya meraih prediket C.

"Untuk tahun berikutnya seluruh OPD siap berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja untuk hasil yang lebih baik ke depannya dan tidak mustahil akan dapat memperoleh prediket A," kata dia.

Sementara itu Kepala Bagian Organisasi Kabupaten Tanah Datar, Adriyanti Rustam mengatakan untuk laporan tahun 2017 Tanah Datar memperoleh prediket B dengan total nilai 61,09, sedangkan pada tahun sebelumnya memperoleh prediket C dengan total nilai 55,23.

Beberapa poin yang dinilai menurutnya adalah terkait dengan perencanaan kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal serta capaian kinerja. (*)