Akademisi sarankan agar investasi pariwisata membuka lapangan usaha bagi masyarakat lokal

id Roni Satria

Akademisi sarankan agar investasi pariwisata membuka lapangan usaha bagi masyarakat lokal

Peneliti Pusat Kajian Sosial Budaya dan Ekonomi (PKSBE) Universitas Negeri Padang Roni Satria (tengah). (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Kalau membuka lapangan kerja itu biasa, target pemerintah itu seharusnya sekarang adalah menciptakan lapangan usaha sebanyak mungkin
Padang, (Antaranews Sumbar) - Akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Doni Satria, M.SE menyampaikan investasi di bidang pariwisata harus mampu menciptakan lapangan usaha bagi masyarakat setempat.

"Selama ini seolah-olah pemerintah mendewakan investasi adalah untuk pertumbuhan ekonomi, pertanyaannya yang tumbuh ekonomi siapa, kalau yang melakukan pengusaha besar jelas yang tumbuh ekonomi mereka," kata dia di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan hal itu pada diseminasi penelitian dengan judul Analisis Kendala Investasi dan Upaya Terobosan Dalam Meningkatkan Investasi Sektor Perikanan dan Pariwisata Sumbar kerja sama PKSBE UNP dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan Sumbar.

Menurutnya kalau investasi dalam skala besar masuk rakyat memang mendapatkan kesempatan kerja namun sebenarnya yang dibutuhkan adalah investasi yang menciptakan lapangan usaha.

"Kalau membuka lapangan kerja itu biasa, target pemerintah itu seharusnya sekarang adalah menciptakan lapangan usaha sebanyak mungkin," ujarnya.

Ia mengemukakan paradigma yang harus dibuat adalah investasi itu bisa menciptakan lapangan usaha, bukan lapangan kerja semata.

Pada sisi lain ia menilai pariwisata merupakan salah satu potensi yang bisa digarap sebagai sumber ekonomi baru apalagi berdasarkan survei wisatawan sudah mengakui keindahan alam Sumbar.

Sementara Kepala BI perwakilan Sumbar, Endy Dwi Tjahjono mengatakan sudah saatnya dilakukan pencarian sumber ekonomi baru dan salah satu sektor yang potensial dikembangkan adalah pariwisata.

"Di Sumbar investasi cenderung turun sementara untuk meningkatkan daya saing dengan daerah lain pemerintah daerah punya peran strategis," lanjutnya.

Ia menilai hasil penelitian bisa menjadi masukan strategis untuk pengembangan sektor pariwisita di Sumbar. (*)