Kapal puskesmas keliling akan layani masyarakat pulau terpencil

id Kapal Puskel

Kapal puskesmas keliling akan layani masyarakat pulau terpencil

Kapal Puskesmas (Ilustrasi)

Sasaran utamanya kapal itu untuk pelayanan kesehatan di pulau dan daerah terpencil di pesisir pantai Tapanuli Tengah yang selama ini memang tidak terjangkau
Tapteng, Sumut, (Antaranews Sumbar) - Dinas Kesehatan Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, menyiapkan kapal puskemas keliling untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di pulau-pulau terpencil di daerah tersebut.

"Sasaran utamanya kapal itu untuk pelayanan kesehatan di pulau dan daerah terpencil di pesisir pantai Tapanuli Tengah yang selama ini memang tidak terjangkau, ujar Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Tengah Freddy L Situmeang melalui Sekretarisnya Asdani Padang di Pandan, Rabu.

Beberapa daerah sasaran pusling tersebut diantaranya Pulau Mursala di Kecamatan Tapian Nauli, Danau Pandan Kecamatan Pinangsori, Sijago-jago di Kecamatan Badiri serta daerah pesisir lainnya di Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Dinas Kesehatan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, dengan adanya kapal puskesmas keliling tersebut masyarakat yang ada di pulau dan pesisir mendapatkan akses lebih mudah untuk berobat," tambahnya.

Sementara Boibe Manurung selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan kapal tersebut mengatakan, anggaran untuk penyediaan Pusling Perairan itu sebesar Rp1,2 miliar dari APBD Tapanuli Tengah Tahun Anggaran 2017.

Kapal tersebut belum pernah dioperasikan untuk pelayanan kesehatan sejak diterima pada 12 Desember 2017 lalu, namun sudah sudah diuji coba saat diterima dari pihak rekanan.

"Jika ada KLB di pulau terpencil kita sudah cepat tanggap dengan adanya fasilitas ini. Kapal Puskesmas keliling milik Pemkab Tapteng ini bernomor lambung J.15 No.507/BKS," katanya.(*)