Unand mulai sosialisasikan sistem SNMPTN-SBMPTN ke daerah

id SNMPTN,unand

Ilustrasi - Sejumlah calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) mengantri untuk mendaftar ulang di Universitas Negeri Padang, Sumbar, Selasa (18/6). ( ANTARA FOTO/Arif Pribadi/Maril/13)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumbar mulai menyosialisasikan sistem penerimaan mahasiswa baru Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 ke beberapa daerah.

"Sabtu (19/1) telah mengunjungi Kerinci akan ada sosialisasi di kampus dan mengunjungi provinsi tetangga lainnya," kata Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand Syafwardi di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan sosialisasi ini dilakukan bukan hanya untuk mengenalkan tentang sistem penerimaan mahasiswa tersebut namun juga menggali potensi calon mahasiswa dari beberapa daerah.

Menurutnya banyak calon mahasiswa yang potensial tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi favorit karena ketidaktahuan informasi. Dengan adanya kunjungan ke daerah tersebut diharapkan informasi terkait SNMPTN dan SBMPTN dapat tersebar merata.

"Kami juga mempersilahkan sekolah mengunjungi kampus untuk sosialisasi atau mengenal Unand lebih jauh," kata dia.

Dia menambahkan untuk tahun ini Unand secara terbuka menerima mahasiswa dari berbagai daerah bergantung pada hasil dari SNMPTN dan SBMPTN serta mandiri. Di samping itu pihaknya tetap memberikan kesempatan mahasiswa baru mendapat beasiswa Bidikmisi dengan catatan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan kementerian.

Dia menekankan kepada sekolah dan siswa yang mulai mendaftar di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) untuk tepat dalam menentukan program studi dan kampus yang dituju. Sekolah harus jeli dalam menempatkan siswa yang akan didaftarkan SNMPTN sesuai prestasi dan kemampuannya.

Pendaftaran PDSS ini telah dilaksanakan sejak 13 Januari 2018 hingga 10 Februari 2018.

Dilanjutkan dengan pendaftaran SNMPTN 21 Februari 2018 hingga 6 Maret 2018 dan pengumuman masuk pada 17 April 2018.

Sedangkan SBMPTN pendaftaran dilaksanakan 5 - 27 April 2018, pelaksanaan ujiannya tanggal 8 Mei 2018, ujian ketrampilan 9-11 Mei dan pengumuman kelulusan pada tanggal 3 Juli 2018. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar