Langkah Pertamina cegah pengoplosan elpiji bersubsidi

id pertamina,elpiji

Langkah Pertamina cegah pengoplosan elpiji bersubsidi

Tabung gas elpiji 3 kilogram. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Padang, (Antaranews Sumbar) - PT Pertamina menyampaikan pihaknya akan memperketat kanal distribusi penyaluran elpiji bersubsidi tiga kilogram mengantisipasi terjadinya pengoplosan karena dapat merugikan masyarakat selaku konsumen.

"Untuk agen maupun pangkalan dilakukan pencatatan terstruktur siapa yang menjadi konsumennya secara manual untuk kemudian dikirim ke Pertamina," kata Area Manajer Marketing dan Relation Pertamina Sumbagut Rudi Arifianto di Padang, Selasa malam (23/1) saat bersilaturahim dengan awak media.

Akan tetapi peluang untuk melakukan pengoplosan tetap ada, oleh sebab itu Pertamina terus memperketat pengawasan kanal distribusi, lanjut dia.

Menurutnya Pertamina bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Kepolisian untuk mencegah terjadinya penyelewengan dalam distribusi elpiji tiga kilogram.

Ia mengatakan ada beberapa aspek yang penyebab peluang pengoplosan elpiji dilakukan oleh oknum tertentu mulai dari faktor harga hingga penggunaan oleh yang tidak berhak.

"Untuk pemakaian yang tidak berhak pernah ditemukan komplek perumahan yang sudah mapan namun masih memakai elpiji tiga kilogram," katanya.

Bahkan ia pernah menemukan ada usaha yang punya stok elpiji tiga kilogram hingga 500 tabung padahal usahanya sudah cukup besar.

Oleh sebab itu pihaknya terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah agar terlibat dalam pengawasan elpiji tiga kilogram.

"Selain itu juga perlu dilakukan sidak bersama-sama ke rumah makan atau usaha komersial dan yang kedapatan menggunakan elpiji bersubsidi diberi teguran," kata dia.

Ia menyampaikan Pertamina berupaya memastikan pasokan elpiji tiga kilogram benar-benar sesuai target peruntukannya. (*)