Kehadiran ASN apel pagi semakin baik, di Pemkab Sijunjung

id #apel pagi #asn sijunjung

Kehadiran ASN apel pagi semakin baik, di Pemkab Sijunjung

Apel pagi ASN dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Sijunjung (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) Kehadiran kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kabupaten Sijunjung menujukan semakin baik dari sebelumnya sehingga mendapatkan apresiasi dari inspektur upacara.

Apel rutin gabungan awal pekan ke empat Januari 2018 kali ini dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Syukri, MM di Lapangan M.Yamin Muaro, Senin.

Kemudian ia juga menyampaikan beberapa agenda rutin pemerintah dalam minggu ini, mulai pada 22-26 Januari 2018 akan dilaksanakan ekspos program kegiatan untuk mengkronisasikan dengan RPJMD perubahan Renstra Perangkat Daerah dengan Indikator Kinerja Utama.

Selanjutnya ia menambahkan kegiatan yang berkaitan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari yaitu semenjak diberlakukannya UU No. 6 Tahun 2016 Tentang Pemerintahan Desa beberapa kegiatan yang dilakukan di Nagari sudah menonjol dan terlihat pada saat ini.

Pada tahun 2018 merupakan Tahun ke-4 Nagari atau Desa menerima Alokasi Dana Desa yang berasal dari APBN. Untuk tahun ini Nagari di Kabupaten Sijunjung menerima Rp107.629.000.000 yang terdiri dari Dana Desa bersumber APBN Rp49.640.000.000 dan Alokasi Nagari dari sumber APBD Rp56.311.000.000 dan Dana bagi Hasil Pajak dan Distribusi Rp1.636.000.000,-.

"Dengan begitu kegiatan ini akan terlihat karena begitu besar anggaran yang sudah di alokasikan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah masing masing Nagari," ujarnya.

Kemudian semenjak 2017 sampai sekarang melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memproritaskan ada Empat Program Proritas yang harus di laksanakan oleh Nagari dan Desa yang pertama Nagari harus membentuk Badan Usaha Milik Desa secara Nasional, Kedua Embung Nagari dan Desa untuk melayani cadangan air, kemudian perikanan dan pariwisata, Ketiga Produk Unggulan Nagari dan Desa dan terakhir Sarana Olahraga Desa.***