TMMD 2018 di Sulit Air

id TMMD 2018,Kodim Solok,Sulit Air

TMMD 2018 di Sulit Air

Komandan Distrik Militer 0309 Solok, Letkol (Arh) Priyo Iswahyudi. (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) 2018 di Sumatera Barat akan dilaksanakan di Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok pada April mendatang.

"Pengerjaan program TMMD mulai dilakukan pada April 2018 di Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok, untuk tanggalnya belum dipastikan," kata Komandan Distrik Militer 0309 Solok, Letkol (Arh) Priyo Iswahyudi di Solok, Senin (22/1).

Ia menyebutkan rencana awal di TMMD 2018 yaitu pembuatan irigasi air dan perbaikan jalan. Program lainnya tergantung kebutuhan dan permintaan masyarakat. Selain itu, biasanya pembangunan masjid, sekolah dan infrastruktur umum lainnya.

"Program disesuaikan dengan anggaran yang dipunyai pemda setempat dan tergantung jumlah besaran volume proyek, kalau jalan berapa km, dan sebagainya," ujarnya.

Setelah diakomodasi Kodim, dan disampaikan ke pemda untuk dibantu pembangunannya. Pemkab Solok menginginkan program perbaikan jalan dan pembangunan irigasi air dengan alokasi anggaran sekitar Rp500 juta di nagari tersebut.

Tujuan TMMD ini yaitu membantu program pemerintah untuk membangun daerah yang belum tersentuh atau dicapai pembangunan (atau belum sempat dialokasikan).

Menurutnya, dengan TMMD, Tentara dapat berkomunikasi, mendengarkan aspirasi dan berbaur dengan masyarakat sekitar.

Ia menjelaskan dengan prajurit membaur dengan masyarakat maka terjalin hubungan emosional sehingga kegiatan tersebut tidak hanya sebatas realisasi program saja, ujarnya.

Pemilihan daerah untuk TMMD, setelah dilakukan survei ke daerah wilayah Kodim 0309, di daerah yang belum maksimal pembangunannya.

Wilayah Kodim 0309 Solok meliputi Kota Solok, Kabupaten Solok Selatan dan Solok. (*)