Duo Korea akan defile bersama di pembukaan Olimpiade musim dingin

id dua korea

Duo Korea akan defile bersama di pembukaan Olimpiade musim dingin

int

Dua Korea ini akan defile bersama di bawah bendera Semenanjung Korea dan membaur dalam satu barisan
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Kontingen olahraga Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) akan defile bersama dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, Februari 2018.

Dua Korea ini akan defile bersama di bawah bendera Semenanjung Korea dan membaur dalam satu barisan, demikian siaran pers Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta Jumat.

Defile bersama itu menjadi salah satu kesepakatan pada pertemuan tingkat tinggi antara pihak Korsel dan Korut di "Rumah Perdamaian" di Panmunjom, 17 Januari lalu.

Ada 11 butir kesepakatan dalam pertemuan tersebut,termasuk membentuk satu tim gabungan untuk cabang hoki es putri.

Mekanisme penggabungan tersebut akan dibahas lagi dalam pertemuan lanjutan antara Komite Olimpiade Internasional (IOC) serta komite Olimpiade masing-masing negara.

Satu tim pendahulu dari Korut akan datang ke Korsel pada 25-27 Januari 2018, untuk melakukan peninjauan arena dan fasilitas bagi para atlet dan pendukungnya.

Selain atlet, Korut juga akan mengirim sejumlah suporter, tim kesenian serta wartawan pada Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, kota di wilayah utara Korsel tersebut.

Rombongan dari Korut direncanakan akan datang ke Pyeongchang melalui jalan darat mulai 1 Februari, sementara Olimpiade Musim Dingin tersebut akan berlangsung pada 9-25 Februari 2018.

Dalam pertemuan di Panmunjon itu, juga disepakati bahwa delegasi Korut akan mematuhi aturan yang berlaku di Korsel, sedangkan pihak Korsel menjamin keamanan dan kenyamanan tamunya tersebut.(*)