Kampung Kubu Anau Agam dicanangkan sebagai kampung KB

id kampung KB

Kampung Kubu Anau Agam dicanangkan sebagai kampung KB

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan didampingi Camat Lubukbasung, Murni Idrus membuka selubung nama kampung KB di Kubu Anau, Jumat (19/1). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Kampuang KB ini merupakan program pemerintah jangka menengah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla
Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Kampung Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dicanangkan menjadi kampung keluarga berencana (KB) tingkat nagari, Jumat (19/1).

Pencanangan itu dilakukan oleh Camat Lubukbasung, Murni Idrus dihadiri oleh Koordinator Lapangan Keluarga Berencana Kecamatan Lubukbasung, Sudiarti, Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, kader keluarga berencana dan masyarakat setempat.

Wali Nagari Manggopoh, Ridwan di Lubukbasung, Jumat, mengatakan, pencanangan ini merupakan yang pertama kali di Nagari Manggopoh.

"Kampuang KB ini merupakan program pemerintah jangka menengah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla," katanya.

Program ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ber KB dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk beberapa tahun kedepan.

Lalu meningkatkan kualitas hidup dan mengatur jarak kelahiran anak sehingga anak mendapatkan perhatian khusus dari orang tua mereka.

"Kita sangat mendukung kampung KB dan berharap masyarakat untuk menjalankan program itu," katanya.

Koordinasi Lapangab KB Lubukbasung, Sudiarti menambahkan, kampung KB ini merupakan pogram presiden yang tertuang psda 20 nawacita dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Untuk mendukung itu, kampung KB itu dibentuk mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, nagari dan jorong.

"Untuk tingkat Agam, kampung KB berada di Kecamatan Malalak, tingkat Kecamatan Lubukbasung di Nagari Garagahan dan tingkat Nagari Manggopoh di Kubu Anau," katanya.

Kampung KB tersebut mendapatkan bantuan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan 18 menteri akan membantu program itu.

Ia menambahkan, jumlah usia subur di Kubu Anau ini sebanyak 154 pasangan dan peserta aktif ber KB 75 pasangan atau sekitar 55 persen.

Sedangkan partisipasi medis operasi pria atau vasektomi sebanyak tujuh orang.

"Kubu Anau merupakan peserta vasektomi terbanyak di Kecamatan Lubukbasung," katanya.

Sementara itu, Camat Lubukbasung, Murni Idrus berharap program kampung KB tidak sekedar dicanangkan, tetapi harus tindaklanjuti oleh masyarakat.

Namun masyarakat harus melakukan langkah agar pasangan belum ber KB, menjadi peserta aktif.

"Ini tugas kita bersama untuk memotivasi pasangan itu agar ber KB," katanya. (*)