Rumah sakit diminta salurkan CSR ke pasien miskin

id dede yusuf,komisi IX DPR,CSR,Rumah Sakit

Rumah sakit diminta salurkan CSR ke pasien miskin

Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf (kiri) mengunjungi pasien terindikasi difteri di RSUP M Djamil PAdang, Kamis. (ANTARA SUMBAR/Novia Harlina)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf meminta rumah sakit agar menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) kepada keluarga dari pasien difteri yang sedang dirawat namun dengan latarbelakang miskin.

"Selama ini BPJS hanya menanggung biaya rawat dan obat-obatan, namun tidak ada celah untuk pembiayaan keluarga miskin tersebut selama pasien di rawat," katanya di Padang, Kamis (18/1).

Ia menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Sumatera Barat.

Menurutnya, rumah sakit dapat mendata jumlah pasien yang berhak mendapatkan dana minimal untuk makan dan minum tersebut.

"Namun harus dibatasi, misalnya untuk satu pasien, maksimal keluarga yang dibantu sebanyak dua orang, dan tidak harus berupa uang, bisa makanan sehari-hari selama pasien di rawat," katanya.

Hal seperti ini, lanjutnya pasti bisa dilakukan di rumah sakit besar seperti RSUP M Djamil, dan menganggap hal tersebut merupakan ladang amal untuk semua pihak yang terlibat.

"Misalkan dalam keluarga itu yang sakit adalah kepala keluarganya, siapa lagi yang mencar nafkah bagi mereka, oleh sebab itu hal-hal yang tidak terperhatikan selama ini dapat dijadikan objek dari penyaluran CSR," ujarnya.

Ia meyakini jika memang diterapkan, jumlah biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar karena rumah sakit dapat mendata pasien mana yang benar-benar membutuhkan.

Sementara Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Maya Amiarny Rusady, mengatakan hingga saat ini memang belum ada ruang dari BPJS membiayai keluarga yang menunggui pasien.

"Tapi ini bisa dibahas dan bersinergi dengan Kementerian Sosial atau dari pemerintah daerah," tambahnya. (*)