Pedagang durian di Painan raih omzet jutaan rupiah per hari

id pedagang durian

Pedagang durian di Painan raih omzet jutaan rupiah per hari

Pedagang menurunkan buah durian dari mobil untuk dijual. (FOTO ANTARA/Maril Gafur)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Sejumlah pedagang yang berjualan buah durian di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengaku mampu meraih omzet antara Rp1 juta sampai Rp2 juta per hari sejak sebulan terakhir karena ramainya pembeli.

"Omzet tersebut tergantung banyaknya buah durian yang kami dapatkan dari petani, dan kami bersyukur hingga saat ini pasokan durian masih tetap ada," kata seorang pedagang buah durian, Edi (20) di Painan, Kamis.

Ia menambahkan, buah durian selain diminati oleh masyarakat sekitar wisatawan dari luar daerah juga cukup meminatinya.

Pedagang lainnya, Zainal (48) menyebutkan omzet pedagang biasanya meningkat dua kali lipat pada libur akhir pekan karena banyaknya wisatawan yang membeli buah durian.

Ia menyebutkan harga durian yang dijual para pedagang berkisar dari Rp20 ribu sampai Rp50 ribu per buahnya tergantung ukuran buah durian.

Selain itu juga tergantung kualitas buah durian, seperti tidak adanya permukaan buah durian yang busuk.

Varietas buah durian di daerah itu diantaranya Durian "Kunik", Durian "Kambuik", Durian "jantuang", Durian "Taruang", Durian "Manggi" dan lainnya.

Durian "Kambuik" memiliki buah yang besar serta daging buah yang tebal, sementara Durian "Kunik" daging buah berwarna kekuning-kuningan.

Masing-masing varietas memiliki cita rasa yang berbeda-beda, biasanya pembeli akan membeli durian sesuai dengan cita rasanya itu. (*)