Ini Hasil Tes Kesehatan dan Psikologi Mahyeldi-Hendri Septa, Emzalmi-Desri Ayunda

id Hasil Tes Kesehatan

Ini Hasil Tes Kesehatan dan Psikologi Mahyeldi-Hendri Septa, Emzalmi-Desri Ayunda

Ketua KPU Kota Padang, Muhammad Sawati (kanan) ketika mengumumkan dua kandidat yang sudah mendaftar pada pilkada serentak 2018 sehat secara fisik dan psikologi sehingga memenuhi syarat, Rabu (17/1). (Ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan dua kandidat yang sudah mendaftar pada pilkada serentak 2018 sehat secara fisik dan psikologi dan sudah memenuhi syarat.

"Setelah menerima laporan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Sumbar, kami menyatakan kedua kandidat sehat jasmani, psikologi dan bebas dari penggunaan narkotika," kata Ketua KPU Padang, Muhammad Sawati di Padang, Rabu.

Pemeriksaan kesehatan, ujar dia merupakan syarat pasangan calon untuk melaju mengikuti pilkada, jika tidak sehat maka pencalonan bisa dibatalkan.

Dalam pemeriksaan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang yakni Mahyeldi-Hendri Septa dan Emzalmi-Desri Ayunda tersebut, IDI melibatkan sebanyak 17 dokter untuk memeriksa kesehatan serta psikologinya.

Selain IDI Sumbar, juga dilibatkan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumbar untuk memeriksa apakah kedua kandidat tersebut memakai obat-obatan terlarang atau tidak.

"Dari hasilnya tidak ada satu pun calon yang menggunakan narkotika," uja Sawati.

Mengenai hal-hal yang menjadi tolok ukur pihak dokter dalam menentukan sehat atau tidaknya pasangan calon tersebut, merupakan rahasia dari IDI dan tidak bisa dipublikasikan.

Ketua IDI wilayah Sumbar, dr Pom Harry Satria mengatakan kegiatan pemeriksaan kesehatan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota itu menjadi salah satu faktor penentu agar proses pesta demokrasi berjalan lancar.

Ia berharap pilkada serentak ini bisa sesuai dengan apa yang diamanahkan Undang-undang, terutama berkaitan dengan kesehatan, tidak hanya fisik tapi juga mental.

"Kami ingin para pasangan calon bisa berkompetisi dalam keadaan sehat," ujar dia.

Sebelumnya dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang telah mendaftar ke KPU Padang. Mahyeldi-Hendri Septa diusung oleh PKS dan PAN.

Sementara Emzalmi-Desri Ayunda diusung oleh tujuh partai, di antaranya Demokrat, PDIP, PKB, Golkar, Nasdem dan PPP. (*)