Anggarkan Rp18 Miliar, Ini Sekolah-sekolah yang bakal Dibenahi Pemkot Bukittinggi

id Dinas Pendidikan Bukittinggi,Pembenahan Sekolah

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menganggarkan dana Rp18 miliar untuk membenahi sejumlah sekolah yang ada di daerah itu pada 2018.

"Secara keseluruhan ada 28 kegiatan yang dilakukan tahun ini berhubungan dengan pembenahan fisik sekolah-sekolah," kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri di Bukittinggi, Rabu (17/1).

Ia menerangkan kegiatan itu dibagi dalam kegiatan besar yang membutuhkan dana hingga Rp6 miliar dan kegiatan pembenahan kecil dengan dana ratusan juta.

Pembenahan yang cukup besar yaitu di SMP 5 dengan biaya Rp6 miliar untuk pembangunan 14 ruang belajar dan pembangunan di SD 10 ATTS dengan dana Rp2 miliar.

"Terutama SMP 5 bangunannya sudah sejak 1976, sudah cukup lama sehingga sudah saatnya pula dibenahi untuk kenyamanan warga sekolah," katanya.

Kemudian pengedaman tebing di belakang SD 07 ATTS dan SD 06 Pulai Anak Aia, pembenahan di SD 09 Manggih, SD 02 Aur Kuning dan SD 17 Pakan Kurai.

Sementara untuk kegiatan dalam skala kecil difokuskan pada penyediaan sarana kebersihan seperti WC dan penyediaan air bersih, membenahi halaman dengan memasang paving blok dan pemasangan kanopi.

Menurutnya, pembenahan fisik sekolah-sekolah diharapkan dapat menyamakan minat calon siswa dan para orangtua terhadap semua sekolah dalam artian tidak tertuju ingin masuk ke satu sekolah yang dianggap favorit saja.

"Misalnya di jenjang SMP, banyak yang ingin ke SMP 1 saja. Hal ini kemungkinan juga didukung oleh letaknya strategis padahal sekolah lain masih banyak. Pada intinya sekolah itu sama saja dan kembali pada bagaimana cara siswa belajar," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar