Tahun Ini, Cuma Satu SMP di Bukittinggi yang Tidak UNBK Mandiri

id UNBK

Tahun Ini, Cuma Satu SMP di Bukittinggi yang Tidak UNBK Mandiri

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Di tahun ajaran 2016-2017 masih melaksanakan UNBK menumpang ke sekolah yang fasilitas komputernya lebih mecukupi. Tahun ini mulai dilaksanakan secara mandiri, kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi,
Bukittinggi, (Antaranews Sumbar) - Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mulai melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) secara mandiri pada tahun ajaran 2017-2018.

"Di tahun ajaran 2016-2017 masih melaksanakan UNBK menumpang ke sekolah yang fasilitas komputernya lebih mecukupi. Tahun ini mulai dilaksanakan secara mandiri," kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi, Almisri di Bukittinggi, Selasa.

Ia menyebutkan di daerah itu terdapat 16 sekolah negeri dan swasta di tingkat SMP dan sederajat.

Dari jumlah sekolah tersebut, SMP negeri berjumlah delapan sekolah. Tujuh di antaranya melaksanakan UNBK mandiri pada tahun ini.

Untuk mendukung pelaksanaan UNBK mandiri, pemerintah setempat menyiapkan tambahan 100 unit komputer bagi sekolah-sekolah negeri tersebut dalam perubahan APBD 2017.

UNBK dapat dilaksanakan bila jumlah komputer minimal satu per tiga dari jumlah siswa yang akan mengikuti ujian.

"Tetapi SMP 4 belum laksanakan secara mandiri karena jumlah siswa banyak sementara jumlah komputer yang ada belum mencukupi sehingga masih menumpang ke sekolah dengan fasilitas komputer mencukupi," katanya.

Sementara bagi sekolah swasta, meski dapat melaksanakan UNBK mandiri di sekolah masing-masing, namun secara administrasi bergabung ke sekolah lainnya karena belum memiliki akreditasi.

"Seperti SMP Cahaya Hati bergabung administrasi ke SMP 5, SMP Djamil Djambek bergabung ke SMP 8 dan MTs Baiturridwan bergabung ke MTsN 1," katanya.

Ujian Nasional tingkat SMP dijadwalkan pada 23 sampai 26 April 2017.

Ia mengingatkan para siswa agar dapat mempersiapkan diri dengan baik. "Kemudian bagi orangtua kami harapkan pendampingannya bagi anak supaya dengan cermat mengatur waktu belajar dan istirahat," ujarnya. ***4***