Tim Kominfo Sosialisasi e-SPPD Wujudkan Pemerintah Bersih

id #aplikasi #e-sppd

Tim Kominfo Sosialisasi e-SPPD Wujudkan Pemerintah Bersih

Sosialisasi e-sppd dilingkungan Dinas Pertanian Sijunjung oleh Tim Dinas Kominfo setempat. (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) Setelah diluncurkan beberapa aplikasi dalam menunjang layanan berbasis online dilingkungan pemerintah Kabupaten Sijunjung, salah satunya sistem Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) sehingga tim Dinas Kominfo terus sosialisasi ke setiap OPD di daerah itu.

Sosialisasi kali ini di Dinas Pertanian meminta tim Dinas Komindo sebagai narasumber untuk menjelaskan penggunaan aplikasi e-SPPD di Aula Dinas Pertanian, Senin.

Upaya sebagai wujud dari instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e-Government dilatarbelakangi oleh semangat mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan dan mampu menjawab tuntutan perubahan.

Tim IT Dinas Komunikasi dan Informatika Kabapaten Sijunjung Fitriadi, S.Kom.M. CIO selaku narasumber mengatakan tujuan sosialisasi ini untuk memberikan masukan-masukan atas kelemahan aplikasi ini sebelum aplikasi direalisasikan pada masing-masing OPD sehingga dapat dilakukan evaluasi untuk memperbaikinya.

Kemudian dengan aplikasi ini diharapkan adanya keseragaman dalam membuat lembaran SPPD, rincian perjalanan dinas dan kwitansinya. Apliksi e-SPPD terdapat sinkronisasi dengan aplikasi SIMPEG sehingga data pegawai yang melakukan perjalanan dinas dapat di ambil dari data pegawai yang bersumber dari aplikasi Simpeg.

Apabila data yang di input lengkap maka untuk melihat hasil inputan berupa menerbitkan SPPD, rincian dan kwitansi dengan cara membuka aplikasi tersebut, otomatis pada saat dibuka aplikasi akan muncul sesuai dengan apa yang di input, yang pada akhirnya tinggal print dan finish.

Sehingga aplikasi Perjalanan Dinas (e-SPPD) dirancang untuk mempermudah pelaporan dan pemeriksaan anggaran perjalanan dinas, sehingga perjalanan dinas akan lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel.***