Pemkot Padang Arahkan Masyarakat Kelola Pantai Pasia Jambak

id pantai Pasir Jambak

Pemkot Padang Arahkan Masyarakat Kelola Pantai Pasia Jambak

Pantai Pasir Jambak, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Padang, Sumatera Barat. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Pantai Pasir Jambak Menjadi salah satu favorit destinasi wisata Padang sedang diupayakan pemerintah untuk masyarakat. Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi di Padang, Minggu, mengatakan Pantai Pasia Jambak diarahkan untuk dikelola oleh masyarakat agar berdampak langsung terhadap mereka.

"Pantai Pasia Jambak sudah cukup bagus, tidak perlu banyak pembenahan seperti yang dilakukan di Pantai Padang," katanya.

Ia mengatakan dalam pengelolaannya diserahkan kepada masyarakat, investor juga tidak akan dibiarkan masuk secara besar-besaran, karena hal tersebut dapat berdampak pada pendapatan masyarakat.

Selain itu ia menilai kawasan tersebut hanya membutuhkan pembenahan untuk sarana dan prasarana pendukung.

"Jalan menuju ke sini masih butuh perluasan dan jembatan yang putus di jalan masuk pantai juga harus diperbaiki secepatnya," kata dia.

Dalam pengelolaan ini, masyarakat dibiarkan melakukan pengelolaan secara tradisional dan mandiri agar mereka merasakan sendiri manfaatnya.

"Untuk meningkatkan kunjungan, pemerintah juga sudah mengratiskan biaya masuk pantai," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Padang, Mahyeldi mengatakan di kawasan Pasia Jambak saat ini sudah ada fasilitas konservasi penyu yang dapat menunjang aktivitas pariwisata.

"Selain bermanfaat untuk konservasi, fasilitas konservasi penyu di Pokmaswas Samudera ini juga bermanfaat untuk aktivitas pariwisata," katanya. (*)