Bupati Solok : 193 Jamaah Haji Jaga Kesehatan Sekarang

id bupati solok

Bupati Solok : 193 Jamaah Haji Jaga Kesehatan Sekarang

Bupati Solok, Gusmal pada pertemuan dengan Kemenag setempat di Koto Baru. (Humas). (ANTARA Sumbar/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal berpesan kepada 193 calon jamaah haji 2018 agar dapat menjaga kesehatan dari sekarang agar dapat menjalani ibadah dengan baik nantinya.

"Calon jamaah haji hendaknya mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius, serta menjaga kondisi kesehatan mulai dari sekarang," kata Bupati Solok Gusmal di Koto Baru, Minggu. Ia mengatakan calon jamaah harus memelihara kerjasama dan kekompakan dengan sesama jamaah di Tanah suci nantinya.

Jamaah hendaknya juga berusaha menambah ilmu baik melalui bacaan, tontonan yang menyangkut dengan masalah haji.

Gusmal juga menyampaikan supaya jamaah yang akan berangkat untuk dapat saling memaafkan dengan tetangga dan keluarga lainnya agar bisa menjadi haji yang mabrur.

Sementara Kepala Kemenag Kabupaten Solok Alizar Chan mengatakan pendataan ulang terhadap calon jamaah yang nomor porsinya masuk ke dalam kuota 2018 berdasarkan estimasi yang telah ditetapkan dari pusat.

Kemenag akan memberikan informasi-informasi terkait dengan persiapan administrasi, dokumen lainnya seperti paspor, pemeriksaan kesehatan dan kesiapan yang lainnya.

Ia menyebutkan jumlah jamaah calon haji untuk tahun 1439 H atau 2018 yang berhak melunasi BPIH sebanyak 193 orang termasuk jamaah cadangan sebanyak 17 orang.

"Kemenag secara resmi melaksanakan manasik yang diawali dengan manasik mandiri di KBIH yang ada di kabupaten Solok yang dilanjutkan dengan manasik dengan dana DIPA dan dana BPIH 2018," ujarnya.