Wanita Saudi Saksikan Pertandingan Sepak Bola Pertama Kali

id bola

Wanita Saudi Saksikan Pertandingan Sepak Bola Pertama Kali

Ilustrasi (REUTERS / Michael Dalder)

Riyadh (Antaranews Sumbar) - Para perempuan Arab Saudi pada Jumat membuat sejarah baru dengan menonton pertandingan Liga profesional secara langsung di Jeddah, kegiatan yang sebelumnya selama berpuluh-puluh tahun hanya diperbolehkan bagi laki-laki.

Pemerintah Saudi telah memperbolehkan para perempuan untuk menonton pertandingan bersama anggota keluarga mereka di stadion King Abdullah Sports City, menurut laporan media pemberitaan Al Arabiya, Jumat.

Izin itu dikeluarkan setelah Saudi juga memutuskan untuk memperbolehkan perempuan mengemudikan kendaraan mulai pertangahan tahun ini serta mengizinkan bioskop-bioskop untuk beroperasi.

Guna mempersiapkan perubahan, kerajaan tersebut telah menetapkan "bagian keluarga" di tribun untuk para perempuan. Stadion-stadion juga telah dilengkapi dengan toilet-toilet, pintu masuk terpisah serta lapangan parkir untuk perempuan penonton.

Pada Sabtu, stadion nasional di ibu kota negara itu, Riyadh, akan membuka pintu gerbang bagi para perempuan untuk menonton pertandingan sepak bola. (*)