KPU Padang Perkirakan Jumlah Pemilih Pemula Meningkat 15 Hingga 20 Persen

id Chandra Eka Putra

KPU Padang Perkirakan Jumlah Pemilih Pemula Meningkat 15 Hingga 20 Persen

Komisioner KPU Padang, Chandra Eka Putra. (Antara Sumbar/Novia Harlina)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat memperkirakan adanya peningkatan jumlah pemilih pemula sekitar 15 hingga 20 persen pada pilkada 2018 dibanding sebelumnya.

"Pada pemilihan gubernur 2015, jumlah pemilih pemula sebanyak 13.398 orang, jadi perkiraan jumlah pemilih pemula pada pilkada Kota Padang 2018 sekitar 16.077 orang," kata Komisioner KPU Padang, Chandra Eka Putra di Padang, Jumat.

Menurutnya berdasarkan data agregat kependudukan per kecamatan (DAK 2) Kota Padang sebanyak 883.767, namun berapa jumlah pasti orang yang memiliki hak pilih belum dapat dipastikan karena masih dalam tahap pemutakhiran data pemilih.

Pemilih pemula pada pesta demokrasi itu adalah mereka yang sudah berusia 17 hingga 21 tahun pada saat pilkada yang berlangsung pada 27 Juni 2018.

Untuk menggaet pemilih pemula tersebut agar menggunakan hak pilihnya, KPU Padang sudah melakukan beberapa upaya seperti jambore demokrasi pelajar tingkat Kota Padang, sosialisasi di media sosial dan sosialisasi ke sekolah.

KPU juga menurunkan komisionernya ke sekolah-sekolah sebagai pembina upacara bendera untuk menyosialisasikan pentingnya partisipasi pemilu kepada siswa.

"Kami kira kegiatan-kegiatan tersebut untuk pemula cukup efektif dan menarik perhatian mereka guna memanfaatkan hak pilihnya dengan benar," kata dia.

Selain itu, lanjutnya sosialisasi tersebut tidak hanya di tingkat pelajar SMA saja, tapi juga di kalangan mahasiswa di Kota Padang, sebab tidak menutup kemungkinan juga menjadi pemilih pemula.

"Kami juga menggelar diskusi dengan mahasiswa di beberapa kampus yang ada di Kota Padang," ujarnya.

Ia menambahkan pemilih pemula perlu memperoleh pendidikan politik yang benar karena mereka adalah aset bangsa di masa depan dan diharapkan bisa menggunakan hak suaranya secara bijak.

Kemudian terkait jumlah pemilih tetap pada pilkada Padang 2013, yakni sebanyak 560.723 orang yang terdiri atas 276.729 pemilih laki-laki dan 283.994 pemilih perempuan yang akan melakukan pencoblosan pada 1.532 tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Padang, Maiyulnita menyebutkan sekitar 300 siswa disetiap sekolah tingkat SMA Negeri terdapat pemilih pemula.

"Untuk mendukung penyelenggaraan pilkada 2018, pihaknya telah melakukan upaya perekaman KTP-E dengan menjemput bola ke sekolah-sekolah," kata dia. (*)