Danrem: Keamanan yang Utama, Jangan Ada Kekerasan

id Danrem Wirabraja

Danrem: Keamanan yang Utama, Jangan Ada Kekerasan

Arsip - Tokoh masyarakat Sumbar menyerahkan kenang-kenangan kepada Brigjen Bakti Agus Fadjari yang akan menjabat sebagai Kasdam IV Diponegoro disaksikan oleh Danrem 032 Wirabraja yang baru Kolonel Inf Mirza Agus, Minggu (12/11/2017). (ANTARA SUMBAR/Mario S Nasution)

Saya juga tidak ingin ada aksi kekerasan yang terjadi antara polisi ke tentara, atau sebaliknya, apalagi kekerasan terhadap masyarakat, kata Mirza Agus.
Padang, (Antaranews Sumbar) - Komandan Resor Militer 032 Wirabraja Padang, Sumatera Barat, Brigadir Jenderal TNI Mirza Agus menegaskan bahwa menciptakan keamanan di wilayah satuannya adalah prioritas utama.

"Menciptakan keamanan wilayah adalah prioritas utama. Jangan ada tindakan kekerasan serta anarkis yang terjadi di daerah ini," kata Mirza Agus ketika pertemuan dengan wartawan di Padang, Kamis (11/1) malam.

Dengan hal tersebut, katanya, perwujudan rasa aman akan hadir dan dirasakan oleh masyarakat.

"Saya juga tidak ingin ada aksi kekerasan yang terjadi antara polisi ke tentara, atau sebaliknya, apalagi kekerasan terhadap masyarakat," katanya.

Mirza yang baru aktif sebagai danrem setempat pada 22 Desember 2017 itu menyebutkan bahwa komando distrik militer (kodim) bertanggung jawab untuk mewujudkan keamanan di wilayah masing-masing.

Selain itu, ia juga menyebutkan pihaknya siap untuk membantu tugas Pengawasan Orang Asing (Pora) di Sumbar.

"Kami juga akan aktif untuk tugas pengawasan itu, meski tidak mempunyai kewenangan penindakan. Ketika ada temuan nanti, TNI akan berkoordinasi dengan instansi yang berwenang, salah satunya imigrasi," katanya.

Selain itu, katanya, TNI juga harus membantu menyukseskan program pemerintah, termasuk menjaga dari aksi perusakan lingkungan.

Bagi Mirza yang pernah bertugas di beberapa daerah, seperti Aceh dan Papua, Sumbar bukan daerah yang asing karena pada 2016 pernah bertugas sebagai Kepala Staf Korem 032 Wirabraja.

Ia mengaku kagum dengan potensi wisata alam serta wisata budaya yang ada di Sumbar, salah satunya Kawasan Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan.

"TNI juga akan mendukung ini sehingga lokasi wisata di daerah ini terus berkembang," katanya.

Dalam pertemuan itu, ia juga menyebutkan kesiapannya turun langsung untuk mengetahui situasi dan perkembangan yang ada di wilayah hukumnya.

"Saya sudah minta anggota menyiapkan satu unit sepeda motor, sehingga nanti bisa meninjau dan mengawasi sampai ke pelosok-pelosok," katanya.

Brigadir Jenderal TNI Mirza Agus menjabat sebagai Komandan Resor Militer 032 Wirabraja menggantikan Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari. Serah terima jabatan telah dilakukan pada November 2017. (*)