Artis dan Pencipta Lagu Gelar Festival Lagu Minang Tingkat Sumatera Barat

id Festival Lagu Minang

Artis dan Pencipta Lagu Gelar Festival Lagu Minang Tingkat Sumatera Barat

Penyanyi Minang Nelson foto bersama dengan Ketua Komisi Empat Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Irfan Amran dan anggota DPRD Agam Jondra Marjaya, Selasa (9/1).

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Artis dan pencipta lagu Minang, Nelson berencana menggelar Festival Lagu Minang tingkat Sumatera Barat di Kabupaten Agam untuk mencari bibit penyanyi muda di daerah itu.

"Festival ini akan digelar pada April 2018, dengan peserta berasal dari siswa SMP dan SMA se-Sumbar," katanya di Lubukbasung, Selasa.

Saat ini pihaknya sedang mencari lokasi yang tepat untuk kegiatan itu di Agam dan pihaknya telah menemui Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Agam untuk membahas even tersebut.

Dalam waktu dekat, pihaknya beserta Even Organizer akan mematangkan kegiatan, sehingga pelaksanaan bisa diakukan pada April mendatang.

Ia menambahkan, kegiatan ini dalam rangka mencari bibit penyanyi Minang, mempromosikan objek wisata Sumbar dan lainnya.

Lagu yang dinyanyikan peserta merupakan lagu ciptaannya tentang alam di Sumbar.

Bagi pemenang nantinya akan membuatkan album dan langsung rekaman.

"Belum ada even seperti ini digelar di Sumbar, dan saya mencoba mengadakan kegiatan itu agar tujuan baik ini tercapai," katanya yang mengakui sudah menciptakan ratusan lagu Minang.

Sebelumnya pihaknya akan menggelar festival lagu Minang tingkat Kabupaten Agam, pada Maret 2018.

Agar even berjalan baik, pihaknya sudah menciptakan lagu dengan judul Ba Baliak Ka Nagari dan lagu itu sedang proses rekaman dan shoting di SMK 2 Palembayan.

"Lagu ini melibatkan ninik mamak, anggota DPRD Agam dan masyarakat setempat," tambahnya.

Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Agam, Dafrines mengatakan pemerintah sangat mendukung kegiatan tersebut dan pihaknya berharap saat kegiatan itu menampilkan yang unik agar berdatangan masyarakat untuk melihat festival itu.

"Selama ini festival tidak begitu ramai di lihat warga," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV Bidang Pendidikan dan Kesra DPRD Agam, Irfan Amran memberikan apresiasi atas rencana itu, karena festival ini tidak pernah diadakan penyanyi dan kelompok seni.

Dengan cara itu, pihaknya berharap akan lahir penyanyi berbakat di Sumbar.

"Kita berharap mereka ini dibina dan setelah itu bakat mereka dikembangkan nantinya," katanya. (*)