Penduduk Dharmasraya Bertambah, Jumlah Kursi DPRD Ikut Bertambah

id kpu dharmasraya

Penduduk Dharmasraya Bertambah, Jumlah Kursi DPRD Ikut Bertambah

Ketua KPU Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Sedangkan berdasarkan Undang-undang pemilu setiap kabupaten/kota yang jumlah penduduknya di antara 200.000 hingga 300.000 jiwa harus memiliki 30 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), kata Ketua KPU Dharmasraya Yanuk Sri Mulyani.
Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menyatakan jumlah kursi DPRD pada pemilihan legislatif (pileg) 2019 resmi menjadi 30 kursi dari sebelumnya 25 kursi.

Ketua KPU Dharmasraya, Yanuk Sri Mulyani, di Pulau Punjung, Senin (8/1), mengatakan penambahan itu berdasarkan surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia nomor 4/PL.01.3.-kpt/03/kpu/I/2018 tentang jumlah penduduk kabupaten/kota, jumlah kursi DPRD kabupaten dan kota dalam pemilihan umum 2019.

Ia mengatakan jumlah penduduk Dharmasraya berdasarkan data agregat penduduk (DAK) mencapai 205.127 jiwa.

Sedangkan berdasarkan Undang-undang pemilu setiap kabupaten/kota yang jumlah penduduknya di antara 200.000 hingga 300.000 jiwa harus memiliki 30 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), lanjutnya.

"Kami sebelumnya sudah memprediksi terkait penambahan jumlah kursi, namun belum dapat memastikan jika tidak ada keputusan dari KPU pusat," katanya.

Ia mengatakan jika jumlah kursi bertambah daerah pemilihan (Dapil) juga akan bertambah dari sebelumnya tiga menjadi empat dapil.

"Kami akan mengadakan rapat pleno untuk alokasi kursi dan pembagian dapil, nanti dibahas secara internal kecamatan mana yang akan bergabung dan memisahkan diri untuk selanjutnya diusulkan ke KPU RI," ujarnya.

KPU Dharmasraya sedang melaksanakan proses verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2019 untuk mengetahui kelengkapan dokumen dan kesiapan parpol secara langsung, tambahnya.

"Sudah memasuki tahapan verifikasi faktual untuk parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap," ujarnya. (*)