Lomba Tes IVA Nasional, Sumbar Diwakili Pariaman

id lomba IVA

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Dafreni Afdal memberikan arahan terkait persiapan Tes IVA nasional pada Maret 2018.

Kota Pariaman terpilih mewakili Sumbar pada lomba Tes IVA nasional, mengalahkan 18 kabupaten dan kota lainnya,

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman Sumatera Barat (Sumbar), terpilih mewakili provinsi itu pada lomba Tes Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) tingkat nasional yang diadakan pada Maret 2018.

"Kota Pariaman terpilih mewakili Sumbar pada lomba Tes IVA nasional, mengalahkan 18 kabupaten dan kota lainnya," kata Ketua Tim Pengerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Pariaman Dafreni Afdal, di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan pemerintah daerah telah mengadakan kunjungan dan peninjauan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pauah untuk memastikan kesiapan.

"Selain mempersiapkan data dan bahan yang diperlukan pada Maret 2018, pemerintah daerah melalui Tim Penggerak PKK juga mengadakan penyuluhan dengan para bidan dan Ibu Rumah Tangga," kata dia.

Dengan ditunjukknya Kelurahan Kampung Jawa I, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman mewakili Provinsi Sumbar pada tes IVA tingkat nasional menunjukkan tingginya animo masyarakat dalam melakukan pencegahan sedini mungkin kanker serviks.

Dari target yang ditetapkan provinsi tersebut sebanyak 763 orang di Kecamatan Pariaman Tengah, terealisasi hingga 1.077 Ibu Rumah Tangga yang mengikuti tes IVA.

Jumlah itu melebihi target yang ditetapkan dan hal tersebut lah yang menjadi salah satu indikator Kecamatan Pariaman Tengah ditunjuk untuk mewakili Provinsi Sumbar di tingkat nasional.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Bachtiar mengatakan sebanyak 2.225 perempuan di Kota Pariaman telah melakukan tes IVA selama periode Januari hingga Desember 2017.

"Dari angka tersebut tercatat sebanyak 13 perempuan terindikasi dan saat ini masih dalam penanganan medis serta menunggu hasil yang dikeluarkan oleh RSUP M Djamil Padang," katanya.

Ia mengatakan jumlah tersebut melebihi target yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yaitu sebanyak 2.192 perempuan.

Untuk wilayah Provinsi Sumbar Kota Pariaman merupakan daerah pemeriksaan tes IVA yang paling tinggi sehingga ditunjuk sebagai perwakilan nasional pada Maret 2018.

Tingginya animo masyarakat dalam mengikuti tes IVA tersebut ujarnya, merupakan bentuk kesadaran dalam mencegah penyakit berbahaya tersebut sejak dini.

Bahkan kata dia, kanker serviks merupakan pembunuh nomor dua kaum perempuan setelah jantung koroner. Total 2.225 wanita yang mengikuti tes IVA tersebut tersebar di empat kecamatan.

Dari empat kecamatan yang mengikuti tes tersebut, Kecamatan Pariaman Tengah menyumbang angka paling tinggi yaitu sebanyak 1.077 disusul Kecamatan Pariaman Selatan 414. Kemudian Kecamatan Pariaman Timur sebanyak 388 dan Kecamatan Pariaman Utara 346 perempuan. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar