33 Alat SAR Diperkenalkan Di Pameran HUT Dharmasraya

id Alat SAR

33 Alat SAR Diperkenalkan Di Pameran HUT Dharmasraya

Petugas BPBD memperlihatkan salah satu peralatan yang digunakan saat penyelamatan dan evakuasi bencana di Stand Pameran BPBD di Kompleks Sport Center Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, Sabtu (6/1). (ANTARSUMBAR/Ilka Jensen)

Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memperkenalkan 33 jenis alat SAR untuk evakuasi dan penyelamatan pada pameran HUT Dharmasraya ke-14 yang berlangsung 4 sampai 7 Januari 2018 di Kompleks Sport Center Koto Padang.

Kepala BPBD Dharmasraya, Suwandi, di Pulau Punjung, Sabtu, mengatakan ajang itu upaya mengenalkan kepada masyarakat alat-alat yang digunakan dalam penyelamatan dan evakuasi ketika bencana terjadi.

Ia menilai selama ini masyarakat tidak begitu paham peralatan yang digunakan saat penyelamatan dan evakuasi bencana.

"Oleh karena itu pameran merupakan sarana kami untuk mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat dan juga sebagai wahana edukasi," kata dia.

Ia menjelaskan alat yang dipamerkan berupa helm lima unit, baju renang , mesin robin, lifebowy dua unit, perahu filter, dayung empat unit, jaket pelampung.

Kemudian senso, masker penyelam, kaca mata renang, tandu, tali jangkar perahu karet, figur 8, exsender, non exsender, tenda pleton tiga, tenda keluar dua, dan motor trail dua unit.

Ia mengatakan semua alat SAR itu sudah memiliki standar dan ditentukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya menggelar beberapa kegiatan dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-14 daerah itu yang jatuh pada 7 Januari 2017, sebutnya.

"Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu kegitan pokok dan tambahan," kata Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal.

Ia menyebutkan untuk kegiatan tambahan diadakan berbagai jenis pertandingan olahraga, pesta rakyat, pawai budaya dan pembagunan, bazar, dan jalan santai.

Sedangkan untuk kegiatan pokok akan dilaksanakan sidang paripurna di Kantor DPRD Dharmasraya pada 7 Januari. (*)