Pasaman Barat Gelar "Makan Bajamba" Peringati HUT Ke-14

id makan bajamba

Pasaman Barat Gelar "Makan Bajamba" Peringati HUT Ke-14

Pemkab Pasaman Barat sedang melakukan gladi resik persiapan "makan bajamba" dengan menjunjung dulang dengan memakai baju kurung basiba berjalan kaki dari halaman kantor bupati menuju Balerong Tuah Basamo Pasaman Barat. ( Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan "makan bajamba" atau makan dengan duduk bersama dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-14 di Balerong Tuah Basamo pada Minggu (7/1).

"Benar, untuk memupuk kebersamaan maka kita melakukan makan bajamba setelah sidang paripurna di DPRD Pasaman Barat pada Minggu (6/1)," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan makan bajamba merupakan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minang dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.

"Kita memilih Gedung Tuah Basamo sebagai lokasi makan bajamba nantinya. Diperkirakan sekitar 1.000 orang akan ikut makan bajamba," ujarnya.

Menurutnya makan bajamba mengandung makna yang sangat dalam. Dimana tradisi makan bersama ini akan memunculkan rasa kebersamaan tanpa melihat perbedaan status sosial.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Armen mengatakan makan bajamba itu dimulai dengan mengadakan kirab manjunjuang dulang yang dilakukan oleh perwakilan perempuan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan memakai baju kurung basiba ciri khas baju kurung minang.

"Manjunjung dulang itu dengan membawa bekal makan bajamba yang dibawa dan dijujung di atas kepala. Setelah berkumpul di depan kantor bupati maka akan berjalan bersama menuju Gedung Tuah Basamo di belakang rumah dinas bupati," katanya.

Ia menyebutkan hidangan makan bajamba akan disiapkan oleh masing-masing OPD, bagian, kecamatan, nagari, BUMN untuk enam porsi.

Untuk menu hidangan akan disiapkan nasi, singgang ayam, rendang daging, gulai cubadak atau nangka, ikan goreng balado dan pergedel kentang.

Selain itu juga goreng ikan asin campur-campur, sayur hijau, buah jeruk dab pisang, kudapan kue bolu, agar-agar dan lannya.

"Makan bajamba ini dilaksanakan pertama kali sejak Pasaman Barat dimekarkan 14 tahun silam. Tujuannya adalah untuk memupuk rasa kebersamaan karena uduk bersama tidak membedakan status sosial dan pangkat jabatan," katanya. (*)