Mulai Kegiatan Awal Tahun, Wagub Dorong OPD Segera Siapkan Dokumen Lelang

id Nasrul Abit

Mulai Kegiatan Awal Tahun, Wagub Dorong OPD Segera Siapkan Dokumen Lelang

Wagub Sumbar, Nasrul Abit (Antara)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di provinsi itu untuk segera menyiapkan dokumen lelang agar kegiatan bisa dimulai pada awal tahun.

"Prioritas adalah kegiatan pendukung Hari Pers Nasional (HPN). Namun, kegiatan lain juga harus segera disiapkan," kata Nasrul di Padang, Jumat.

Menurutnya, gubernur menandatangani Surat Keputusan (SK) tentang Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) hari ini, Jumat. Setelah itu dokumen lelang kegiatan seharusnya sudah bisa disiapkan.

SK untuk Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) juga sudah dalam proses dan diharapkan Senin (8/1) selesai.

"Pokoknya untuk HPN, gubernur sudah memerintahkan, tidak ada lagi ditunda-tunda. Segera laksanakan," kata dia.

Ia menyebutkan kegiatan pendukung HPN tersebar pada hampir semua OPD di Sumbar. Kegiatan itu sebagian ada yang sudah digelar Januari 2018 sehingga anggaran harus bisa dicairkan awal tahun.

Hal itu menurut Kepala Bidang BKU Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Sumbar Refriamond bisa dilaksanakan setelah DPA ditandatangani gubernur.

Namun, ia mengingatkan penggunaan anggaran itu harus sesuai dengan dokumen yang telah disepakati karena pengawasan untuk kegiatan HPN bisa saja dilakukan secara khusus.

Pelaksanaan kegiatan sejak awal tahun merupakan salah satu faktor untuk menjamin tingginya serapan anggaran pada akhir tahun.

Serapan anggaran yang tinggi juga berpengaruh pada perputaran uang di tengah masyarakat, yang bisa membantu meningkatkan kesejahteraan. (*)