Kopertis X Dorong Dosen Kejar Gelar Doktor dan Profesor

id Herri

Kopertis X Dorong Dosen Kejar Gelar Doktor dan Profesor

Koordinator Kopertis X, Prof Dr Herri. (Antara Sumbar/MR Denya Utama)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) X Wilayah Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau mendorong peningkatan kualitas dosen di wilayahnya dengan mengejar gelar profesor dan doktor sebagai salah satu langkah meningkatkan kualitas pendidikan.

Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Jumat, mengatakan dosen swasta di ke empat provinsi itu masih sedikit yang bergelar profesor sehingga perlu didorong agar dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi dan lulusannya.

Ia menyebutkan, dari 9.300 dosen yang terdapat di daerah itu, hanya 21 orang yang bergelar profesor, doktor sekitar 300 orang, dan lainnya bergelar master jabatan fungsional asisten ahli.

Seorang pendidik, ujar dia mempengaruhi kualitas lulusannya, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas maka dosen harus berkualitas terlebih dahulu dalam rangka menjawab tantangan global.

"Seorang dosen yang berkualitas akan menghasilkan lulusan yang berkualitas pula," katanya.

Oleh karena itu, kata dia setiap dosen terus didorong untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan serta publikasi-publikasi yang bertaraf nasional dan internasional.

Dengan banyaknya dosen yang bergelar profesor, juga merupakan salah satu indikator dalam rangka peningkatan akreditasi suatu perguruan tinggi, dengan adanya profesor tersebut juga akan mempengaruhi kualitas tingkatan kampus.

Ia berharap setiap dosen memiliki motivasi untuk mengejar gelar tersebut dan mengimplementasikan ilmu yang telah dimiliki kepada peserta didik.

Sebelumnya, pengamat bidang pendidikan tinggi dari Universitas Andalas Padang, Dr Ade Djulardi menilai dosen dan mahasiswa menjadi faktor utama maju tidaknya kampus.

Dalam hal ini dosen harus "mengupgrade" atau meningkatkan kemampuan dirinya sebagai modal untuk membina mahasiswa. (*)