Lokasi PKL Dharmasraya Bakal Ditata, Destinasi Baru untuk Warga Bersantai

id OBJEK WISATA DHARMASRAYA

Lokasi PKL Dharmasraya Bakal Ditata, Destinasi Baru untuk Warga Bersantai

Seorang warga berada di lokasi yang menjadi rencana bantuan Kementerian Koperasi dan UKM untuk pedagang kaki lima di Jorong Pasar Lama, Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kabupaten Dharmaraya, Jumat (5/1). (ANTARA SUMBAR/Ilka Jensen)

Jika bantuan ini terlaksana maka lokasi tersebut akan menjadi tujuan masyarakat untuk bersantai dan menikmati panganan khas Dharmasraya karena berada di tepi jalan Lintas Sumatera.
Pulau Punjung, (Antaranews Sumbar) - Kementerian Koperasi dan UKM membantu Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), dalam memperkuat lokasi usaha pedagang kaki lima (PKL) di daerah itu.

"Anggaran Rp500 Juta ini bersumber dari dana tugas perbantuan (TP) Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM 2018," kata Bupati Sutan Riska di Pulau Punjung, Jumat (5/1).

Pedagang yang mendapat bantuan itu berada di kawasan Jorong Tabek dan Jorong Pasar Lama Nagari (Desa Adat) IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung. Bantuan untuk pedagang mencakup sarana dan prasarana, misalnya gerobak, tempat cuci tangan, kios, jalan kawasan, modal usaha, dan lain-lain.

"Insya allah kegiatan dimulai tahun ini, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar," katanya.

Menurutnya jika bantuan ini terlaksana maka lokasi tersebut akan menjadi tujuan masyarakat untuk bersantai dan menikmati panganan khas Dharmasraya karena berada di tepi jalan Lintas Sumatera.

"Lokasi tepat berada di bawah jembatan Sungai Dareh, di tepi Sungai Batanghari, suasana ini menambah daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menikmati jika dikelola dan ditata dengan baik," ujarnya.

Ia menambahkan dana tersebut merupakan usaha Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mendapatkan bantuan pemerintah pusat dengan mengajukan proposal tahun lalu.

"Di Sumbar yang menerima hanya Kota Pariaman dan Kabupaten Dharmasraya, tentu perhatian pemerintah pusat ini sangat kita apresiasi," ujarnya.

Salah seorang warga IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, Amanah (43) mengapresiasi pemerintah setempat dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui bantuan yang diberikan .

"Kami sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan, dan berharap terlaksana sesuai rencana," ujarnya. (*)