Demi Rp100 Juta, Tiga Kurir Ini Nekat Bawa 1,3 Ton Ganja dari Aceh ke Jakarta

id Ganja

Demi Rp100 Juta, Tiga Kurir Ini Nekat Bawa 1,3 Ton Ganja dari Aceh ke Jakarta

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/Lucky R./aww/16.)

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Penyidik Polres Metro Jakarta Barat menyebutkan tiga kurir yang mengangkut ganja seberat 1,3 ton dari Aceh menuju Jakarta menerima upah sebesar Rp100 juta untuk sekali pengiriman.

"Bandar yang mengirimkan ganja itu menyerahkan uang upah kepada kurir setelah pesanan sampai tujuan," kata Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Suhermanto di Jakarta, Kamis (4/1).

Suhermanto menyebutkan ketiga pelaku yang mengantarkan ganja itu, yakni pengemudi Franky Alexandro, Yohanes Christian Natal alias Ambon (kernet), dan Ade Susilo alias Chemonk (kernet).

Petugas menangkap ketiga kurir itu saat mengangkut 1,3 ton ganja menggunakan mobil boks nomor polisi B-9337-TCD di depan pintu masuk Pelabuhan Bakauheni Lampung, Minggu (31/1).

Berdasarkan keterangan Franky, pengiriman ganja tersebut dikendalikan tersangka Rocky dan Rizky yang ditangkap petugas di Cikarang Bekasi Jawa Barat dan Jagakarsa Jakarta Selatan.

Tersangka Rocky dan Rizky mengaku kepada polisi terkait pemesanan ganja itu bernama Gandawan alias Anto yang diringkus di Tebet Jakarta Selatan.

Saat ini, polisi masih memburu IR yang diduga berada di Aceh sebagai pemasok bersama MUN alias Komandan dan IM.

Polisi menduga jaringan narkoba antarprovinsi itu pernah mengirimkan 500 kilogram dan 950 kilogram ganja dan puluhan kilogram sabu-sabu yang disimpan di balik pintu mobil. (*)