Pelayanan Kemenag Solok Selatan Diharapkan Secara Digital

id MUZNI ZAKARIA

Pelayanan Kemenag Solok Selatan Diharapkan Secara Digital

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria menyerahkan piagam kepada pegawai Kemenag dengan masa bakti 10-30 tahun usai upacara peringatan hari amal bakti di Mapolres setempat, Rabu. (ANTARA SUMBAR/Humas Pemkab Solok Selatan)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Muzni Zakaria berharap pelayanan Kementerian Agama (Kemenag) setempat mulai tahun ini sudah dilakukan secara digital.

"Kami berharap agar tahun ini semua layanan sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam sistem pelayanan terpadu satu pintu sebagai implementasi e-government termasuk juga Kemenag," katanya saat menjadi inspektur upacara peringatan hari amal bhakti di Padang Aro, Rabu (3/1).

Menurutnya aparatur di jajaran Kemenag harus memfokuskan perhatiannya untuk bekerja dengan skala prioritas.

Artinya, tidak hanya fokus dalam penyerapan anggaran secara maksimal setiap tahun tetapi juga diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat.

Sebagaimana amanat pidato Menteri Agama Republik Indonesia yang dibacakan Bupati Muzni berpesan agar pegawai Kemenag mampu berinovasi supaya lembaga kementerian agama terasa kekinian.

Peringatan HAB ke-72 ini mengambil tema "Tebarkan Kedamaian".

Dia mengatakan, tema tersebut dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian.

"Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia," ujarnya.

Dia menyebutkan, dengan peran vital agama maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan semua komponen umat beragama di tanah air agar bersama-sama menjadi duta penebar kedamaian.

"Buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menentramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tentram dan sejahtera," terangnya.

Kegiatan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) sendiri turut dimeriahkan dengan berbagai macam rangkaian acara, penyerahan piala lomba, penyerahan piagam satya lencana karya satya untuk pegawai masa bakti 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.

Upacara peringatan HAB Kemenag ke-72 di Kabupaten Solok Selatan berlangsung khidmat.

Turut hadir Kapolres Solok Selatan AKBP Mochamad Nurdin, Perwira Penghubung Kodim 0309 Solok, Kepala OPD, Jajaran Pejabatan di Kementerian Agama setempat. (*)