Harga Cabai di Padang Tembus Rp42.000 Per Kilogram

id cabai

Harga Cabai di Padang Tembus Rp42.000 Per Kilogram

Harga cabai merah di Kota Padang, berkisar Rp42.000 hingga Rp44.000 per kilogram. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Harga cabai merah di Kota Padang, Sumatera Barat berkisar Rp42.000 hingga Rp44.000 per kilogram atau mengalami kenaikan sekitar Rp2.000 dari sebelumnya.

"Sejak akhir tahun 2017 cabai mulai mengalami kenaikan harga namun tidak terlalu signifikan," kata salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Anton di Padang, Rabu.

Menurutnya kenaikan harga tersebut masih normal karena tidak terlalu tinggi, dan penyebabnya diperkirakan karena cuaca yang tidak menentu sehingga produksi sedikit terganggu.

Kemudian ditambah juga dengan kondisi libur akhir tahun yang menghambat proses pendistribusian cabai dari Jawa dan Medan.

Untuk harga bawang merah, ujarnya Rp27.000 per kilogram atau mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp24.000. Hal itu juga karena faktor cuaca yang tidak menentu.

"Untuk bawang biasanya dipasok dari Kabupaten Solok," kata dia.

Sementara untuk harga sayuran seperti kangkung sekitar Rp6.000 per ikat atau naik dari biasanya Rp4.000 per ikat.

Pedagang lainnya, Izal (55) mengatakan kenaikan harga cabai tidak terlalu berpengaruh terhadap penjualan.

"Cabai merupakan kebutuhan pokok yang pasti dibeli masyarakat, kalau kenaikan tidak terlalu tinggi maka penjualan masih normal," ujar dia.

Sementara salah seorang pembeli, Yulia (25) berharap kepada pemerintah setempat agar konsisten menstabilkan harga kebutuhan pokok.

"Murah atau mahal harga cabai, masyarakat pasti membelinya," tambah wanita asal Kabupaten Agam itu. (*)