OPD Solok Selatan Diminta Segera Lelang Proyek Agar Pekerjaan Sesuai Target

id Muzni Zakaria

OPD Solok Selatan Diminta Segera Lelang Proyek Agar Pekerjaan Sesuai Target

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria. (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Muzni Zakaria mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengguna anggaran 2018 segera menyiapkan lelang proyek agar tidak ada lagi proyek pemerintah yang meleset dari target atau molor.

"Proses lelang terbuka sudah harus dimulai sejak awal tahun ini supaya realisasinya juga cepat, dan pembangunan tidak ada lagi yang terbengkalai," kata dia di Padang Aro, Rabu.

Menurut dia, apabila seluruh kegiatan bersumber dari APBD 2018 selesai dilelang pada Januari, maka pemerintah akan lebih siap mengatasi masalah saat prosesnya berjalan 12 bulan berikutnya.

Selain itu ia menugaskan tim pemantau agar mengawasi kegiatan ke tiap OPD dengan laporan langsung ke atasan.

"Saya juga sudah memanggil Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Martin Edi untuk mempersiapkan secepat mungkin pelaksanaan tender proyek 2018 ini," kata dia.

Sementara Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Martin Edi mengatakan dalam dua hari ini pihaknya akan segera memanggil OPD yang ada di lingkungan Pemkab setempat untuk segera memasukkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) barang dan jasa yang akan dilelang lewat LPSE.

Dia mengatakan, hingga hari ini baru satu OPD yang telah menyerahkan RUP barang dan jasa, yaitu Dinas PU.

Dia berharap masing-masing OPD sudah harus merubah pola pikir terkait pelaksanaan tender proyek ini.

Selama ini kebanyakan OPD suka menunggu-nunggu poses tender dengan banyak alasan seperti APBD menunggu revisi dari provinsi, hingga kebiasaan OPD menunda-nunda untuk beberapa kepentingan tertentu.

"Kami berharap tahun ini proses tender dan realisasi proyek lebih cepat," ujarnya. (*)