Rupiah Selasa Pagi Rp13.522

id Rupiah

Rupiah Selasa Pagi Rp13.522

(ANTARAFOTO/Fanny Octavianus)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Selasa pagi (2/1), bergerak menguat sebesar 28 poin menjadi Rp13.522 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.550 per dolar Amerika Serikat (AS).

Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong di Jakarta, mengatakan situasi ekonomi nasional yang kondusif menjaga fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Kondisi ekonomi yang kondusif, akan tetap mendorong aliran modal masuk ke dalam negeri.

"Didukung kenaikan peringkat dari Fitch Ratings , menandakan ekonomi pada tahun 2018 stabil dan lebih baik," katanya.

Lukman menambahkan mata uang rupiah pada awal tahun 2018 juga ditopang tren harga komoditas dunia yang masih berada dalam area penguatan.

"Harga komoditas menjadi salah satu faktor yang menopang mata uang komoditas, termasuk rupiah," katanya.

Terpantau harga minyak jenis WTI Crude pada Senin (2/1) ini menguat 0,30 persen menjadi 60,60 dolar AS per barel, dan Brent Crude naik 0,34 persen menjadi 67,10 dolar AS per barel.

Analis Monex Investindo Futures Agus Chandra menambahkan bahwa sebagian pelaku pasar keuangan memanfaatkan momentum perbaikan harga komoditas untuk tetap menempatkan investasinya pada aset-aset di negara berkembang.

"Rally harga minyak berpotensi menekan turun dolar AS, mata uang berbasis komoditas di negara berkembang masih akan diminati," katanya. (*)