Warga Keluhkan Beberapa Infrastruktur di Padang Rawan Kecelakaan

id jembatan

Warga Keluhkan Beberapa Infrastruktur di Padang Rawan Kecelakaan

Jembatan Gunung Nago di Kecamatan Pauh Kota Padang. (ANTARA SUMBAR/Deni)

Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah warga di Kota Padang, Sumatera Barat meminta pemerintah setempat segera memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak dan mengakibatkan rawan terjadi kecelakaan.

"Seperti Jembatan Gunung Nago di Pauh dan beberapa jalan berlubang yang sering terjadi kecelakaan tunggal dapat segera diperbaiki," kata salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Pauh, Padang, Syafriadi di Padang, Minggu.

Menurutnya jembatan Gunung Nago di Kelurahan Lambung Bukit Pauh telah menjadi sarana transportasi alternatif dari Padang Timur menuju ke Barat, akan tetapi kondisinya saat ini cukup buruk.

Jembatan yang dasarnya kayu itu pada beberapa titik telah patah, sehingga lempeng baja yang melapisinya terbuka.

Ini berbahaya bagi pengendara mobil karena lempengnya menganga, juga bagi pengendara motor yang bisa bannya masuk ke lubang.

Bukan hanya itu di kedua sisinya juga terdapat dasar kayu yang patah sehingga menyebabkan lekuk dan berbahaya karena bisa berimbas pada dasar yang lain.

Sejatinya, banyak warga yang mengeluh tentang hal tersebut namun belum ada tanggapan pemerintah.

Saat ini melalui pemuda melakukan pekerjaan sukarela dengan menahan menggunakan kaki lempeng yang terbuka saat mobil lewat.

"Jembatan Gunung Nago belum permanen, namun jembatan yang telah permanen seperti di Lubuk Begalung juga perlu diperbaiki karena ada lubang," ujarnya.

Tokoh masyarakat di Lubuk Kilangan, Padang, Nenden juga berharap perbaikan jalan di jalur Padang-Solok khususnya di sekitar Banda Buek.

Menurutnya jalur itu cukup sibuk karena bagian dari lintas Sumatera, namun karena buruknya jalan menyebabkan sedikit gangguan arus transportasi.

Bahkan pada jalur di jalan Rimba Datar, Banda Buek sering terjadi kecelakaan karena kondisi jalan yang buruk dan bergelombang.

Sedangkan salah satu ketua RT di Kuranji, Padang menilai jalan By Pass juga perlu diperbaiki karena mulai ada lubang.

Menurutnya lubang tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan mengingat jalan itu bagian dari jalur cepat.

Dalam hal ini Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah akan mengupayakan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di 2018.

Tidak hanya perbaikan, pihaknya juga akan membuka dan membangun infrastruktur baru untuk kemajuan transportasi tersebut. (*)