Inilah Target Tim Saber Pungli Padang di 2018

id ketua saber pungli

Inilah Target Tim Saber Pungli Padang di 2018

Wakil Kepolisian Resor Padang AKBP Tommy Bambang Irawan. (ANTARA Sumbar/Fathul Abdi)

Padang, (Antara Sumbar) - Tim satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan pihaknya untuk meningkatkan kinerja pada 2018, dengan memperbanyak pengungkapan kasus.

"Pada 2018 kami akan meningkatkan kinerja dengan memperbanyak pengungkapan kasus Pungli yang terjadi di Padang," kata Wakil Kepolisian Resor Padang AKBP Tommy Bambang Irawan, sekaligus Ketua Tim Saber Pungli, di Padang, Sabtu.

Hal ini, katanya, menyusul adanya dukungan anggaran kepada Tim Saber Pungli dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Padang 2018.

"Informasi yang diterima Pemko menganggarkan pada APBD Padang 2018 untuk Saber Pungli, namun besarannya belum tahu pasti. Ini tentu akan mendukung kinerja," katanya.

Tim Saber Pungli, lanjutnya, akan melaksanakan pemberantasan pungutan liar di sentra-sentra pelayanan publik pada kementerian atau lembaga.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk aktif dan berpartisipasi dalam membantu pemberantasan praktik Pungli yang terjadi.

"Ketika mengalami atau mengetahui praktik Pungli, masyarakat harus segera memberikan laporan, sehingga bisa diproses," katanya.

Ia mengaskan tim yang dipimpinnya akan terus membidik dan menjerat pelaku pungli karena akan menyusahkan masyarakat.

Sebelumnya, selama 2017 Tim Satgas Saber Pungli sudah menangani sebanyak dua kasus.

Kasus itu adalah Pungli pada Dana Bantuan Sosial (Bansos) bagi mantan narapidana, dan kasus penerimaan siswa baru MTSN Model Padang.

Kedua kasus itu telah dirampungkan proses penyidikannya dan sudah dilimpahkan ke pengadilan saat ini.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, sebelumnya juga telah mengimbau agar masyarakat ikut mengawasi dan melaporkan adanya tindakan pungutan liar (pungli).

Menurutnya kinerja Tim Saber Pungli akan maksimal kalau dibarengi dukungan dari masyarakat.

Untuk memudahkan koordinasi antara masyarakat dengan tim saber pungli ini, warga bisa menghubungi ke nomor pelayanan 08117180177. (*)