Sumbar Bersiap Hadapi PON 2020

id Syaiful

Sumbar Bersiap Hadapi PON 2020

Ketum KONI Sumbar, Syaiful.

Padang, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar mengupayakan ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 persiapan menuju gelaran PON.

"Baik itu persiapan atlet menuju PON Papua 2020, maupun kesiapan Sumbar menggelar PON 2024," ujar Ketua Umum KONI Sumbar, Syaiful di Padang, Jumat.

Bagi atlet ajang Porprov menjadi ujicoba dan mengasah kemampuannya dalam ajang multi cabang. Bagi atlet senior menjadikannya sebagai uji tanding menghadapi atlet potensial lainnya.

Bagi pengurus cabang hal ini juga sebagai seleksi mencari atlet andalan untuk persiapan kejuaraan yang lebih tinggi.

"Sengaja Porprov didesain seperti PON dengan mengadakan Pra Porprov sebagai langkah meningkatkan kualitas ajang olahraga tersebut, " ujarnya.

Dengan begitu atlet yang tersaring secara fakta dan data memiliki potensi dan prestasi dan ajang lebih kompetitif.

Kemudian Porprov di Padangpariaman pada November 2018 juga menjadi cerminan kesiapan Sumbar menggelar PON 2024.

Hal ini akan terlihat dari kesiapan fasilitas olahraga serta penyelenggara dari daerah.

Tentu dalam menyelenggarakan PON tidak semata satu daerah saja, akan tetapi kesiapan satu daerah menggelar ajang olahraga dapat dijadikan evaluasi untuk kegiatan lebih besar.

Selain Porprov, pihaknya juga memetakan potensi daerah lain dalam kesiapannya menggelar ajang olahraga, bahkan telah dibagi fokus cabang per daerah.

Meskipun demikian dalam Porprov nanti akan dievaluasi kesiapan pengurua cabang olahraga dalam menggelar ajang tersebut.

Dia berharap Porprov di Padangpariaman tersebut tidak lagi ajang uji uji pemain namun sebagai ujicoba pertandingan yang kompetitif.

Baik atlet lokal maupun nasional diwajibkan tampil di ajang tersebut.

Sementara itu salah satu pengurus cabang olahraga tarung derajat Jesmi mengatakan gelaran ajang olahraga akan sukses bila adanya dukungan dari masyarakat.

Sebab, ujar dia atlet berprestasi bukan hanya dari kemampuannya semata namun juga dukungan dan animo masyarakat menyaksikan pertandingan dan mendukung langsung ke lapangan.

Serta terus mempromosikan di berbagai media tentang keberhasilan dan prestasi atlet daerah. (*)