PDIP Sebagai Parpol Paling Transparan di Sumbar

id Alex Indra Lukman

PDIP Sebagai Parpol Paling Transparan di Sumbar

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI-P Alex Indra Lukman (tengah). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M S)

Padang, (Antara Sumbar) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumatera Barat terpilih sebagai badan publik kategori partai politik paling transparan di daerah itu versi Komisi Informasi (KI) Sumbar.

"Kami berharap anugerah sebagai partai politik paling transparan ini mampu mengembalikan kepercayaan publik kepada PDIP Sumbar," kata Ketua PDIP Sumbar Alex Indra Lukman ketika dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia menyebutkan selama ini banyak lembaga survei yang merilis data bahwa partainya dan DPR menjadi lembaga yang terus merosot tingkat kepercayaannya di mata publik.

Anugerah keterbukaan informasi dari KI Sumbar ini langsung diterima oleh Wakil Ketua PDI Perjuangan Sumbar Yenni S Tanjung. Untuk peringkat kedua kategori partai politik ini diraih oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat dan Partai Perindo.

Ketua Panitia Pemeringkatan Badan Publik 2017 KI Sumbar Sondri Dt Kayo mengatakan pemeringkatan badan publik kategori partai politik ini diikuti oleh 10 partai.

Metode penilaian yang digunakan KI dalam melakukan survei adalan badan publik mengisi Self-Assessment Questioner (SAQ), dari ratusan badan publik yang diberikan SAQ ini, hanya 126 yang mengembalikan. Oleh KI Sumbar.

Kemudian seluruh 126 badan publik yang mengembalikan SAQ ini dikelompokan ke dalam delapan kategori yakni Kategori nagari/desa, kategori OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Selanjutnya kategori kabupaten dan kota se-Sumbar, kategori instansi vertikal, kategori Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/BUMD), Kategori Perguruan Tinggi Negeri/Swasta (PTN/PTS), Kategori Partai Politik dan Kategori Sekolah Menengah.

"Semuanya dinilai sesuai dengan mekanisme pemeringkatan yang diatur dalam Peraturan KI No 1 Tahun 2010 , kata Sondri.

Setelah itu pihaknya melakukan verifikasi dan visitasi terhadap 126 badan publik tersebut termasuk PDI Perjuangan, hasilnya PDI Perjuangan menduduki peringkat tertinggi dari 10 partai politik yang mengembalikan SAQ ke KI Sumbar.

"Visitasi itu mencocokan data yang disebutkan dalam SAQ dan menilai website atau media lain dari badan publik yang ikut penilaian pemeringkatan," kata dia. (*)