HPN 2018 - DLH Dorong Peningkatan Pemahaman Lingkungan Insan Pers

id hpn2018

HPN 2018 - DLH Dorong Peningkatan Pemahaman Lingkungan Insan Pers

Kepala Dinas lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah (Miko Elfisha)

Padang (Antara Sumbar) - Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat mendorong insan pers agar lebih memahami persoalan lingkungan dengan memberikan work shop pada 10 Januari 2018.

"Makin paham insan pers dengan persoalan lingkungan, akan makin banyak sorotan terhadap penyimpangan yang terjadi. Hal itu diharapkan bisa meminimalkan kerusakan lingkungan di Sumbar," kata Kepala DLH Sumbar, Siti Aisyah di Padang, Rabu.

Menurutnya work shop bertema lingkungan bagi wartawan itu juga untuk memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di daerah itu.

Siti mengatakan terkait persoalan lingkungan dan hubungannya dengan bidang lain seperti industri, banyak istilah dan acuan kerja yang spesifik, tidak umum didengar. Karena itu, perlu pemahaman tersendiri jika ingin menulis terkait lingkungan.

Selama ini menurutnya wartawan yang berkonsentrasi di bidang lingkungan di Sumbar memang sudah ada tetapi tidak banyak, hingga persoalan lingkungan seakan kurang "terjamah" dalam pemberitaan, kecuali untuk kasus-kasus besar.

Ia berharap ke depan makin banyak insan pers yang peduli persoalan lingkungan dengan menulisnya di media massa sehingga masyarakat umum juga makin memahami pentingnya menjaga lingkungan.

Selain itu untuk "mengasah" kepekaan insan pers terhadap persoalan lingkungan, DLH Sumbar menurut dia juga menggelar lomba penulisan bertema lingkungan.

"Agar tulisan berisi, tentu perlu membaca dan memahami banyak literatur tentang lingkungan. Ini diharapkan bisa meningkatkan pemahaman insan pers terhadap persoalan lingkungan," kata dia.*