Polisi Sisir 23 Gereja Padang Jelang Misa Natal

id polisi

Polisi Sisir 23 Gereja Padang Jelang Misa Natal

Ilustrasi penjagaan di salah satu gereja saat perayaan Natal oleh petugas kepolisian. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pihak kepolisian melakukan penyisiran di 23 gereja di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), untuk memastikan pengamanan jelang malam misa Natal 2017.

"Penyisiran ini dilakukan guna memastikan keamanan pelaksanaan malam misa nanti, sehingga malam kebaktian bisa berjalan lancar," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol Chairul Aziz, di Padang, Minggu.

Selain personil dari Polresta Padang, penyisiran juga dibantu oleh tim dari Brimob Kepolisian Daerah Sumbar.

"Tim Brimob membantu untuk mensterilkan lokasi, juga dibawa alat pendeteksi logam," jelasnya.

Sedangkan untuk malam nanti, lanjut Chairul, pihaknya menyiagakan 600 personil yang disebar pada gereja yang melangsungkan malam kebaktian.

Ia juga menyebutkan larangan ormas-ormas untuk melakukan sweeping ketika umat kristiani merayakan hari besarnya. Hal itu guna menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Aksi sweeping tidak dibenarkan, jika masih ada maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau warga untuk menjaga dan mempertahankan sikap toleransi beragama pada malam perayaan Natal 2017.

"Sejauh ini masyarakat Padang telah hidup berdampingan dan tidak ada permasalahan, sikap seperti ini harus terus dipertahankan termasuk sebelum Natal nanti," katanya.

Pada bagian lain, selain untuk natal pihak kepolisian juga mempersiapkan pengamanan malam pegantian tahun, dengan fokus pada lokasi tujuan wisata salah satunya kawasan Pantai Padang.

Ada 10 titik pos pengamanan yang telah didirikan, dan juga pada malam pergantian tahun akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi dan mengurai kemacetan arus di dalam kota. (*)