Wako Harapkan Keberadaan Rumah Tenun Berdampak Positif Pada Taraf Ekonomi Perajin

id wako payakumbuh

Wako Harapkan Keberadaan Rumah Tenun Berdampak Positif Pada Taraf Ekonomi Perajin

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi berdiskusi dengan perajin tenun dan tokoh masyarakat usai peresmian Rumah Tenun Balai Panjang, Rabu (20/12). Foto Dok Humas Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), Riza Falepi berharap dengan adanya rumah tenun yang layak di daerah hendaknya berdampak terhadap peningkatan taraf kehidupan perajinnya.

"Dengan adanya rumah tenun baru ini, kita berharap para perajin dan masyarakat di sekitarnya terangkat taraf ekonominya," kata dia saat dihubungi, Sabtu.

Ia mengatakan meski sudah memiliki gedung yang bagus, keberadaan rumah tenun tersebut perlu terus ditingkatkan, baik infrastrukturnya, alat-alat tenunnya, managemen serta kebutuhan-kebutuhan lainnya.

"Pemkot Payakumbuh mendukung keberadaan rumah tenun ini. Dukungan dari tokoh masyarakat juga sangat diharapkan dalam upaya mengembangkan usaha kerakyatan ini agar menjadi lebih besar," kata dia.

Sebab, kata Riza dengan adanya turun tangan dari semua pihak keberadaan rumah tenun tersebut akan memberi manfaat bagi masyarakat menjalani usaha tenun itu serta perekonomian Kota Payakumbuh.

Wako menyebutkan pada periode kedua kepemimpinannya bersama wakilnya Erwin Yunaz ia akan memprioritaskan program percepatan dan peningkatan sektor ekonomi sehingga laku perekonomian semakin baik dari saat ini yang berada pada angka 6,08 persen.

Dalam hal membangun perekonomian yang tangguh, ekonomi berbasis kerakyatan harus terus didorong dan dipacu agar menjadi lebih baik lagi.

"Karena salah satu indikator kemakmuran adalah bagusnya perkembangan serta pertumbuhan ekonomi yang ditandai dengan tingkat kesehatan, pendidikan, dan daya beli yang tinggi," tambah wako. (*)