Bupati Targetkan Bangun Objek Wisata di Danau Maninjau

id danau maninjau

Bupati Targetkan Bangun Objek Wisata di Danau Maninjau

AGAM,21/1- Seorang pengunjung menikmati keindahan alam Danau Maninjau yang terlihat dari puncak Lawang Park, di Kabupaten Agam, Sumbar, Sabtu (21/1). Kabupaten Agam mengencarkan promosi Danau Maninjau sebagai salah satu objek wisata alam untuk tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. FOTO ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi/12 ()

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Bupati Agam, Sumatera Barat, Indra Catri, menargetkan setiap nagari di sekitar Danau Maninjau akan dibangun objek wisata untuk menarik wisatawan ke daerah itu.

"Pembangunan objek wisata ini saya targetkan selesai menjelang berakhirnya masa jabatan menjadi kepala daerah di kabupaten itu pada 2020," katanya di Lubukbasung, Sabtu.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh wali nagari untuk mencari lokasi di pingir danau vulkanik.

Setelah itu, wali nagari diminta untuk membuat perencanaan secara khusus bangun objek wisata.

"Manfaatkan masyarakat yang memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan itu dan saya tunggu perencanaan itu sampai Maret 2018," katanya.

Dengan pembangunan itu, maka bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan ke Danau Maninjau dan bisa menjadi kebangaan bagi masyarakat setempat bahwa daerah mereka ada lokasi objek wisata untuk dikunjungi.

Selain itu, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Saat ini baru ada satu objek wisata di Nagari Koto Malintang dan saya meminta Wali Nagari Koto Malintang untuk membuat perencanaan yang baru," katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Sungai Batang, Jhon Hendri menambahkan, pihaknya telah menyediakan lokasi untuk pembangunan objek wisata.

Pada 2017, pemerintah nagari telah membangun jalan wisata yang berasal dari dana desa.

"Kita akan mengusulkan perencanaan pembangunan objek wisata dalam waktu dekat," katanya. (*)