Atlet Silat Pesisir Selatan Juara Kejurnas

id pencak silat

Atlet Silat Pesisir Selatan Juara Kejurnas

Ketua Pimpinan Daerah Tapak Suci Muhammadiyah Pesisir Selatan, Syafridon (kiri) berfoto bersama atlet silat asal daerah setempat usai penyerahan medali Kejurnas Pencak Silat Antar Pelajar se-Indonesia di Yogyakarta 17-21 Desember 2017. (Istimewa)

Painan, (Antara Sumbar) - Atlet silat asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menyabet satu medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Antar Pelajar se-Indonesia di Yogyakarta 17-21 Desember 2017.

"Atlet yang berhasil menyabet satu medali emas itu bernama Jihan Dinaldi yang merupakan pelajar Madrasah Aliyah Lakitan, ia bertarung di kelas C putra," kata Pelatih Atlet Silat yang juga Ketua Pimpinan Daerah Tapak Suci Muhammadiyah Pesisir Selatan, Syafridon dihubungi di Painan, Sabtu.

Ia menambahkan selain menyabet emas, atlet silat asal kabupaten itu juga menyabet satu perak dan satu perunggu.

"Atlet yang menyabet perak bernama Daffa Muharafly, sementara yang menyabet perunggu bernama Pobi Putra Maiyoka, keduanya merupakan pelajar Madrasah Aliyah Negeri 1 Balai Salasa," katanya lagi.

Sebagai pelatih dan juga orang nomor satu di Pimpinan Daerah Tapak Suci Muhammadiyah Pesisir Selatan ia mengaku cukup bangga dengan prestasi yang diraih para atlet.

"Alhamdulillah dari tiga atlet yang kami kirim ketiganya mampu membawa pulang masing-masing satu medali," ujarnya.

Diikutsertakannya ketiga atlet di ajang kejurnas selain untuk mengasah kemampuannya masing-masing, juga untuk meningkatkan rasa percaya diri masing-masing atlet.

Selanjutnya, membentuk karakter generasi muda yang sportif dan bermental juara serta menumbuhkan sikap kepemimpinan pada diri mereka masing-masing.

Diraihnya hasil maksimal pada kejurnas itu bukanlah kebetulan karena sebelumnya pihaknya telah melakukan persiapan selama satu bulan sebelum kejurnas dimulai.

Selain taktik, mental atlet katanya juga menjadi perhatian pada persiapan itu. (*)