Polres Solok Kota Kerahkan 350 Personel untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

id Operasi Lilin Solok

Polres Solok Kota Kerahkan 350 Personel untuk Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Wakil Wali Kota Solok, Reiner memimpin apel pasukan polisi dan gabungan Operasi Lilin 2017 di halaman Mapolres Solok Kota, Jumat (22/12). (Antara Sumbar/Tri Asmaini)

Solok, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Solok Kota, Sumatera Barat mengerahkan 350 personel gabungan dari berbagai instansi untuk pengamanan Operasi Lilin 2017 dalam rangka natal dan tahun baru 2018.

"Untuk pengamanan kami menurunkan 180 personel, selebihnya dari instansi gabungan," kata Kapolres Solok Kota, AKBP Dony Setiawan di Solok, Jumat.

Ia menerangkan personel gabungan lain terdiri dari Dinas Perhubungan Kota dan Kabupaten Solok 60 orang, Satpol PP Damkar Kota dan Kabupaten 40 orang, satu pleton dari BPBD, satu tim dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU), dan satu tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Solok dengan jumlah 70 orang.

Pengamanan ini dilakukan di beberapa titik yang dinilai rawan tindak kriminal dan bencana alam seperti di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Solok, dan pos pengamanan di Singkarak, Kabupaten Solok.

Pola pengamanan akan berkoordinasi dengan kawasan masing-masing, meski secara keseluruhan wilayah hukum Polres Solok Kota.

"Kalau di wilayah Kabupaten Solok, kami akan berkoordinasi dengan instansi setempat. Hal itu tidak mungkin dilakukan oleh kita saja," ujarnya.

Operasi Lilin tahun ini tidak semata mencegah gangguan keamanan dan ketertiban, tetapi juga untuk mengantisipasi bencana alam.

Ia berharap perayaaan Natal dan tahun baru yang sarat akan mobilitas masyarakat dapat berlangsung aman dan lancar.

Kapolres berpesan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas, petugas juga harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menjalankan aktivitas baik di tempat ibadah, tempat tinggal, lalu lintas, tempat wisata, dan lainnya.

Ia meminta anggota polisi untuk melaksanakan hukum secara profesional dan proporsional, tegas dan terukur terhadap pelanggaran.

Selain itu juga mengingatkan kepada masyarakat terhadap kemungkinan ancaman terorisme yang mungkin menyusup dalam perayaan.

Wakil Wali Kota Solok Reiner menyatakan mendukung pengamanan yang dilakukan oleh Polres dan instansi terkait selama perayaan Natal dan pergantian tahun.

"Kita mengapresiasi polisi yang melakukan pengamanan saat kita berlibur, pengamanan ini akan memberikan kenyamanan kepada masyarakat," ujarnya.

Operasi Lilin 2017 akan dilaksanakan selama 10 hari dari 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018. (*)