Gubernur Ingatkan Pejabat Agar Berkinerja Baik, Jelek akan Dimutasi

id lantik pejabat

Gubernur Ingatkan Pejabat Agar Berkinerja Baik, Jelek akan Dimutasi

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melantik empat pejabat eselon II di aula gubernuran, Jumat (22/12). (ANTARA SUMBAR/ Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengingatkan pejabat pada jajaran pemerintahannya, jika memiliki kinerja jelek akan dimutasi diganti pejabat lain yang memiliki kompetensi.

"Kinerja dinilai dari laporan audit BPK, Inspektorat dan target. Jika ketiganya tidak memenuhi, akan dimutasi," kata dia di Padang, Jumat.

Ia mengatakan itu usai melantik empat pejabat eselon II Pemprov Sumbar masing-masing Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Biro Umum dan Kepala Biro Pemerintahan.

Irwan mengatakan mutasi pada jajarannya hanya disebabkan oleh dua hal. Selain kinerja, mutasi dilakukan karena ada pejabat yang pensiun atau kekosongan jabatan.

"Empat pejabat yang dilantik sekarang adalah untuk mengisi jabatan yang kosong," kata dia.

Terhadap pejabat yang dilantik itu ia meminta betul-betul menjalankan tugas dan tanggung jawab secara baik. Karena, jabatan bukan untuk mencari kebahagian namun jabatan itu merupakan sebuah amanah.

"Bekerjalah sesuai aturan. Jangan melakukan kesalahan apalagi disengaja," kata dia.

Selain itu pejabat juga mesti rajin turun ke lapangan, karena semua keputusan berdasarkan fakta dan nyata di lapangan, sekaligus dapat menyerap aspirasi masyarakat.

Empat pejabat yang dilantik menurut dia akan dievaluasi enam bulan kemudian Jika kinerja tidak baik, akan diganti kembali.

Dalam pelantikan itu, Siti Aisyah diangkat menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar. Ia sebelumnya yang menjabat Plt Dinas tersebut mengantikan Asrizal Asnan yang pensiun.

Yulitar diangkat menjadi Kepala BKD Sumbar. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan.

Kemudian Herzadi L yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Usaha Ekonomi Masyarakat SDA dan TTG Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar, dipromosikan menjadi Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar.

Lalu, Iqbal Ramadi Payana juga ikut mendapat promosi menjadi Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar. Sebelumnya, Iqbal menjabat Plt Kepala Biro Pemerintahan yang mengantikan Mardi yang beberapa waktu lalu diangkat menjadi Inspektorat. (*)