Begini Cara Pesisir Selatan Meningkatkan Produksi Pangan Pada 2018

id sawah

Begini Cara Pesisir Selatan Meningkatkan Produksi Pangan Pada 2018

Ilustrasi - Seorang petani sedang memupuk tanaman padi.Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, pada 2018 fokus melakukan peningkatan kuantitas dan kualitas produksi pangan dengan pengoptimalan lahan pertanian. (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat memfokuskan peningkatan kuantitas dan kualitas produksi pangan pada 2018 dengan pengoptimalan lahan pertanian.

"Hal itu karena Pesisir Selatan tidak bisa lagi untuk perluasan areal pertanian khusus padi," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan setempat, Jumsu Trisno di Painan, Jumat.

Ia menjelaskan perluasan areal saat ini tidak bisa dilakukan salah satunya karena daerah tersebut tidak siap untuk irigasi, oleh karena itu mengoptimalkan lahan yang ada lebih diutamakan.

Peningkatan kuantitas dan kualitas produksi, katanya dilakukan dengan cara penerapan teknologi pertanian, seperti penerapan sistem jajar legowo, penggunaan bahan organik dan hal lainnya.

" Kita bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTB) Sumbar dan Universitas Andalas," tambahnya.

Kemudian memberikan pelatihan-pelatihan, pembinaan dan penyuluhan kepada para kelompok tani, sehingga mampu melakukan penanaman yang baik dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Saat ini, katanya target indeks pertanaman di daerah itu sebesar 2,3 dalam satu tahun, yang berarti dalam satu tahun lebih dari dua kali musim tanam.

"Hal tersebut yang terus didorong dengan memberikan bantuan bibit serta alat dan mesin pertanian," sebutnya.

Sedangkan untuk jagung katanya memang dilakukan perluasan areal, karena tanaman jagung tidak boleh lagi ditanam di lahan padi.

Oleh karena itu, pihaknya mengupayakan menghidupkan lahan tidak produktif untuk ditanami jagung. Jika lahan itu tidak layak ditanami padi maka pihaknya akan mengarahkan petani untuk menanam jagung.

"Petani juga bisa memanfaatkan hutan untuk menanam jagung," katanya. (*)