Ratusan ASN diberikan Sosialisasi Kebijakan Revolusi Mental

id REVOLUSI MENTAL

Ratusan ASN diberikan Sosialisasi Kebijakan Revolusi Mental

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Aswirman saat memberi arahan sosialisasi revolusi mental untuk ASN setempat. (ANTARA SUMBAR/Humas Pemkab Solok )

Arosuka, (Antara Sumbar) - Ratusan ASN Kabupaten Solok, Sumatera Barat, diberikan sosialisasi kebijakan revolusi mental oleh pemerintah setempat.

Sekda Kabupaten Solok, Aswirman di Arosuka, Jumat (22/12) mengatakan sosialisasi yang diikuti oleh ASN eselon III dan IV merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang diikuti oleh asisten koordinator bidang pemerintahan dan staf ahli bupati bidang hukum dan politik pada Mei 2017 di lembaga administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta.

Ia mengatakan revolusi mental sebagai gerakan kolektif yang melibatkan seluruh bangsa dengan memperkuat peran semua institusi pemerintah dan penataan sosial budaya yang ada di masyarakat melalui internalisasi nilai-nilai esensial pada individu, keluarga, institusi sosial sampai dengan lembaga-lembaga Negara.

Menurut Soekarno revolusi mental merupakan suatu gerakan untuk menggembleng manusia Indonesia agar menjadi manusia yang baru, yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, berjiwa api yang menyala-nyala.

"Saya berharap, gunakanlah kesempatan ini seluas luasnya untuk menambah pengetahuan dan pemahaman saudara tenteng kebijakan revolusi mental," ujarnya.

Sementara Kabag Organisasi Zulfadli mengatakan kegiatan ini dalam rangka mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru bagi bangsa Indonesia, maka telah dituangkan dalam RPJMN 2015-2019 yang disebut dengan Nawacita dan Trisakti.

"Maksud dari sosialisasi ini, untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman pejabat eselon III dan IV di lingkungan pemerintah kabupaten solok," ujarnya.

Ia mengatakan sosialisasi ini diharapkan dapat merubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru, memotivasi mental kerja dan mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdedikasi dan berkepribadian yang berbudaya.

Kegiatan ini diikuti oleh 150 orang, yang terdiri dari eselon III dan IV dilingkungan pemerintah kabupaten solok.

Acara juga dihadiri Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala OPD Pemerintah setempat, Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Solok Beserta Camat. (*)