HPN 2018 - Destinasi Wisata Banyak, Sumbar "Pusing" Promosikan yang Mana

id wisatasumbar

HPN 2018 - Destinasi Wisata Banyak, Sumbar "Pusing" Promosikan yang Mana

BUKITTINGGI, 23/3 - Seorang wisatawan melintas di depan objek wisata Jam Gadang, Bukittinggi, Sumbar, Rabu (23/3). Jam gadang juga memiliki miniatur yang dibuat menjadi gantungan kunci dan dijual seharga Rp5000 per buah. FOTO ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi/11 ()

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat belum memutuskan destinasi wisata yang akan dipromosikan untuk dikunjungi peserta Hari Pers Nasional (HPN) 2018, karena banyaknya potensi yang ada di daerah itu.

"Kita belum ada pembicaraan mengarah pada satu atau beberapa destinasi tertentu. Bisa jadi nanti semua destinasi unggulan yang ada di daerah dipromosikan," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu terkait pelaksanaan HPN yang akan dipusatkan di provinsi itu pada Februari 2018.

Menurutnya saat ini ada beberapa pemerintah kabupaten/kota yang bersemangat mengembangkan destinasi seperti Solok Selatan dengan Seribu Rumah Gadang dan Gua Batukapal dan Sijunjung dengan Silokeknya.

Ada pula destinasi yang telah mendapatkan pengakuan internasional seperti Nagari Tuo Pariangan. Kemdian destinasi yang didorong oleh masyarakat seperti Nyarai di Padang Pariaman dan Sumpur juga berpotensi untuk menarik minat peserta HPN.

Destinasi yang sudah lama dikenal seperti Mandeh di Pesisir Selatan, sejumlah destinasi di Padang, Pariaman, Agam, Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Batusangkar dan Sawahlunto dan Solok juga bisa menjadi tujuan kunjungan peserta HPN.

"Nanti akan dipelajari lagi apakah nanti kita fokus promosi pada satu atau beberapa destinasi, atau promosi semua, nanti biar peserta HPN yang memilih hendak kemana," kata dia.

Sebelumnya Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyatakan HPN 2018 adalah momen daerah untuk mempromosikan potensi wisata dan energi terbarukan di daerah itu.

Setengah saja dari 3000 sampai 5000 wartawan yang datang ke Sumbar dalam HPN yang menulis tentang Sumbar, akan membuat seluruh dunia mengenal potensi daerah itu.

"Kita berharap pada kekuatan pers ini untuk membantu mengembangkan potensi daerah agar bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia.*