Irwan Prayitno Imbau Warga Jaga Stabilitas Keamanan Jelang Natal

id pengamanannatalsumbar

Irwan Prayitno Imbau Warga Jaga Stabilitas Keamanan Jelang Natal

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai menghadiri apel pasukan pengamanan Natal dan Tahun baru di Padang, Kamis (21/12). (Miko Elfisha)

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengimbau masyarakat mengutamakan toleransi untuk menjaga stabilitas keamanan saat perayaan Natal dan tahun baru 2018.

"Sikap toleransi umat beragama juga penting untuk menjaga stabilitas keamanan disamping pengamanan oleh pihak berwajib," kata dia di Padang, Kamis.

Ia mengatakan itu terkait kesiapan pengamanan saat perayaan Natal dan tahun baru di Sumbar.

Irwan mengatakan selama ini toleransi antara umat beragama di Sumbar terjalin cukup baik. Salah satu indikatornya adalah perayaan hari besar umat beragama di daerah itu bisa berjalan dengan baik.

Hal itu menurutnya harus terus dijaga dan dilestarikan sebagai sebuah kearifan lokal.

Selain itu ia juga mengingatkan warga yang akan pergi liburan memanfaatkan libur panjang perayaan Natal, untuk hati-hati saat meninggalkan rumah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bencana kebakaran.

Sementara itu Kapolda Sumbar Irjen Pol. Fakhrizal mengatakan personel yang disiapkan untuk pengamanan Natal dan tahun baru berjumlah 6.230 orang yang terbagi atas personel Polri, TNI dan instansi lain.

"Personel Polri yang dilibatkan berjumlah 3.730 orang terdiri atas 393 personel dari Polda dan 3.337 orang personel dari kepolisian resor," kata dia.

Kemudian untuk unsur TNI personel yang terlibat sebanyak 311 orang dan instansi lain 2.189 orang terdiri dari 367 orang personel dinas perhubungan, 495 Satpol PP, 248 Dinas Kesehatan, 213 pramuka, 38 orang Jasa Raharja,107 Senkom dan sisanya personel Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Fokus pengamanan menurut dia tempat-tempat ibadah dan lokasi wisata.*