Ini Manfaat Inseminasi Buatan Sapi

id Sapi

Ini Manfaat Inseminasi Buatan Sapi

Sapi (ANTARA SUMBAR/M R Denya Utama)

Painan, (Antara Sumbar) - Capaian Inseminasi Buatan (IB) sapi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat naik sebesar empat persen dari target 9.412 ekor menjadi 9.719 ekor hingga November 2017.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, Hazrita di Painan Rabu (20/12), mengatakan capaian IB tersebut naik sebesar empat persen atau 307 ekor dan diperkirakan akan bertambah hingga akhir Desember 2017.

Hingga akhir Desember, ia memprediksi capaian IB mampu mencapai 10 ribu ekor, mengingat proses IB masih berlangsung yang dilakukan oleh enam tim pada enam wilayah yang berbeda.

Ia menjelaskan banyak manfaat yang didapatkan dengan IB di antaranya adalah menghemat waktu karena peternak sapi tidak perlu lagi mencari atau membawa sapi pejantan untuk dikawinkan dengan sapi betinanya.

Kemudian dapat meningkatkan jumlah kelahiran, mencegah penyakit menular karena bibit sapi yang digunakan telah melalui pemeriksaan terlebih dahulu dan mencegah kawin sedarah, sehingga dengan itu kualitas ternak dapat terjaga dengan baik.

Menurutnya program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) melalui IB di Pesisir Selatan berjalan dengan cukup baik dengan terpilihnya daerah itu sebelumnya sebagai penerima anugerah.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,1 triliun untuk meningkatkan populasi sapi melalui program Upsus Siwab 2017.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Kementan Drh I Ketut Diarmita mengatakan, upaya peningkatan populasi sapi melalui program Upsus Siwab bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap sapi impor, sekaligus mendukung Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.

Program Upsus Siwab 2017 dilaksanakan di seluruh Indonesia. Pelaksanannya dilakukan melalui strategi optimalisasi pelaksanaan inseminasi buatan di 33 provinsi. (*)