Pemkot Padang Dorong Kemajuan Sekolah Kejuruan

id Mahyeldi Ansharullah

Pemkot Padang Dorong Kemajuan Sekolah Kejuruan

Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumbar, mendorong kemajuan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di daerah tersebut melalui inisiasi pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia.

"Sekolah kejuruan berujung pada keahlian tentu pengembangannya harus terus berlanjut, " kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Rabu.

Salah satu hal yang bisa didorong yakni pembangunan gedung sekolah dan pemenuhan sarana prasarana yang ada.

Seperti perencanaan membangun SMKN 11 Padang di Kecamatan Kuranji yang saat ini tengah digarap pemkot khususnya dalam membantu konsolidasi terkait lahan.

Kemudian juga dalam menentukan kesesuaian menurut tata ruang dan wilayah agar dibangun secara aturan.

Terkait pemenuhan sarana prasarana seperti kelengkapan laboratorium atau ruang praktek juga akan diupayakan pemerintah, semisal permintaan salah satu SMK beberapa waktu lalu.

"Dari segi sumber daya, kami bekerja sama dengan pemerintah provinsi dalam menyaring tenaga kompeten serta menyosialisasikan keutamaan SMK di tengah masyarakat, " kata dia.

Menurut Mahyeldi SMK saat ini bukan hanya sebagai opsi pendidikan menengah namun berperan dalam mewadahi siswa yang kreatif dan ingin berusaha mandiri.

Artinya lulusan SMK didorong untuk menjadi salah satu wirausahawan mandiri yang di masa depan mampu menjadi penyedia lapangan kerja.

Kepala Dinas Pendidikan Padang Barlius menambahkan untuk SMK dan SMA pihaknya hanya sebatas mendorong kemajuan karena sepenuhnya wewenang provinsi.

Meskipun demikian kata dia, pemerintah akan melakukan inisiasi dalam pembangunan gedung atau sarana prasarana.

Menurutnya lulusan SMK cukup diperlukan untuk menghadapi persaingan global saat ini. (*)